Selasa, 20 November 2018 09:06 WIB
pmk

makanmakan

Gurih dan Lezat Cumi Bakar Spesial

Redaktur:

INDOPOS.CO.ID - Berwarna hitam pekat dengan baluran saus tiram, rasanya pun sungguh nikmat. Itu adalah cumi bakar, makanan khas Bandung yang diadopsi dari Thailand. Cumi bakar sukses meramaikan festival kuliner XploRasa 2018 di Summarecon Mal Serpong, Tangerang. Menu makanan jenis seafood itu selalu jadi incaran dan bisa memanjakan lidah pecinta seafood.

Demi mendapatkan tekstur kenyal yang pas dari daging dan tentakel cumi, ada tata cara memasak yang harus dilakukan. Apalagi, untuk menghilangkan aroma amis dari kantong tinta hitam yang dimiliki. Tak semua orang berhasil melakukannya.

Koki Cumi Bakar, Muhammad Farhan Rivani mengatakan, keunikan dari menu masakan ini tidak menimbulkan aroma amis dan dengan bumbu pilihan, lebih meresap dan daging cuminya akan gurih dan lezat. 

"Keunikannya tidak berbau amis, tidak alot, bumbunya meresap banget, manisnya pas dan memang gurih," ujar Koki Cumi Bakar, Muhammad Farhan Rivani saat berbincang dengan Indopos, dalam festival kuliner XploRasa 2018 di Summarecon Mal Serpong, Tangerang, akhir pekan lalu.

Untuk menyempurnakan rasa, saus lada hitam dan saus tiram diracik dengan bumbu pilihan. Alhasil, menciptakan cumi bakar yang punya cita rasa manis dan gurih. "Bumbunya itu seperti saus tiram, ada original, black papper," jelas pria asal Bandung, Jawa Barat itu.

Berkat bumbunya yang meresap ke dalam cumi, membuat para pembeli ketagihan dan selalu teringat makan cumi bakar. Menurut Farhan, dalam satu hari bisa menghabiskan kurang lebih 200 porsi. Sedangkan ketika weekend bisa mencapai 600 porsi. "Hari biasanya bisa ngabisin 250 porsi, kalau weekend bisa 600 porsi, memang lagi bagus rezekinya lah. Proses paling bisa sampai 15 menit, kalau lagi rame," ungkapnya.

Sementara saat disinggung soal keikutsertaanya menjadi peserta festival kuliner XploRasa 2018, dirinya mengaku sangat senang, meskipun disini menurutnya cukup sulit mencari cuminya. Apalagi permintaan disini pun cukup tinggi.

"Seneng dong, tapi jangan didaerah sini lah (sambil tertawa) memang susah nyari cuminya, kalau di Bandung mah gampang, di stok sampai seribu cepet habisnya," jelasnya.  

Penasaran dengan kelezatan cumi bakar khas Bandung, ayo datang ke Festival Kuliner XploRasa 2018 di Summarecon Mall Serpong, Tangerang. (cr-2)


TOPIK BERITA TERKAIT: #kuliner #indoposmakan-makan 

Berita Terkait

Icip-Icip Citarasa Asia

Jakarta Raya

Menu Tradisional di Hotel Berbintang

makanmakan

Mereguk Khasnya Citarasa Teh Specialty

Jakarta Raya

Berinovasi dengan Cokelat

makanmakan

IKLAN