Senin, 24 September 2018 04:51 WIB
pmk

Nasional

Gaji Rp 35 Ribu Per Bulan, PGRI: Guru Butuh Kesejahteraan seperti Buruh

Redaktur: Ali Rahman

Slip gaji guru dari media sosial.

INDOPOS.CO.ID - Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) mengkritik keras pemerintah yang tidak memperhatikan kesejahteraan guru di Indonesia. Setelah viral di sejumlah Media Sosial (Medsos), seorang guru Fiqih Sekolah Dasar (SD) di Jawa Timur memposting honor mengajar 1 bulan hanya Rp. 35 ribu.

"Kami sudah mendesak pemerintah untuk memberikan gaji layak guru. Apalah itu namanya, kan ada upah minimal, kayak karyawan atau pekerja lainnya," ujar Ketua Umum PGRI Unifah Rosyidi di sela-sela peluncuran program perencanaan dan pengembangan PGRI smart learning center (PLSC) di kantornya, Selasa (1/5).

Unifah menjelaskan, kesejahteraan guru sangat berkaitan dengan kualitas pendidikan nasional. Pemerintah, menurutnya jangan menutup mata. Bahwa guru sangat dibutuhkan di daerah. "Jangan bicara kualitas, kalau kebutuhan guru tidak dipenuhi. Mereka harus 'nyambi' sana sini," terangnya.

Lebih jauh Unifah mempertanyakan Kementerian PAN-RB yang tidak mengakui Indonesia kekurangan guru. Faktanya, saat ini Indonesia darurat guru. Padahal, menurut Unifah kekurangan guru memiliki hubungan dengan kualitas pendidikan. "Sekarang birokrasi mempersulit untuk penambahan guru. Kementerian PAN-RB hanya mengakui 79 ribu," katanya. (nas)


TOPIK BERITA TERKAIT: #kemenpanrb #guru #buruh #pendidikan 

Berita Terkait

Prancis Bebas Gawai di Tahun Ajaran Baru

Internasional

WH Gandeng Ansor di Pendidikan Gratis

Banten Raya

Bukan Titipan Kalla

Headline

Tolak Koalisi, Menteri PAN Dicopot

Headline

IKLAN