Sabtu, 22 September 2018 10:55 WIB
pmk

Total Sport

Asian Games 2018 Tanamkan Nilai Sportivitas kepada Anak

Redaktur: Ali Rahman

Asian Games Goes to School di beberapa sekolah di Jakarta dan Palembang. Inasgoc for INDOPOS

INDOPOS.CO.ID - Dalam rangka menyambut Asian Games 2018 yang akan berlangsung pada bulan Agustus mendatang, peran serta anak Indonesia dalam kegiatan ini sangatlah penting dan diharapkan dapat turut terlibat dalam menyukseskan Asian Games 2018. 

Bertepatan dengan hari Pendidikan Nasional, Panitia Pelaksana Asian Games 2018 berupaya untuk menanamkan nilai-nilai olahraga seperti nilai sportifitas, disiplin, dan kerja keras kepada anak Indonesia. Terutama pada anak-anak sekolah dasar dan sekolah menengah pertama dengan mengadakan kunjungan ke 18 sekolah terpilih di Jakarta dan Palembang dengan kegiatan yang bertajuk, Asian Games Goes to School. 

Erick Thohir, Ketua Pantia Penyelenggara Asian Games 2018 mengatakan bahwa selain untuk mengajak anak Indonesia terlibat dalam Asian Games, kegiatan ini juga bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai olahraga kepada anak-anak Indonesia.

"Hal ini dirasa penting karena terdapat banyak nilai positif dari olahraga yang dapat membentuk karakter pemimpin dalam diri anak Indonesia yang merupakan calon penerus bangsa,", ujar Erick Thohir kepada media di Jakarta, Kamis (3/5).

Pegiat pendidikan, Najeela Shihab menambahkan olahraga merupakan bagian yang esensial dari pendidikan, karena pendidikan menumbuhkan bukan hanya aspek intelektual, tetapi juga fisik, sosial, dan emosional. Olahraga mengajarkan kekuatan jasmani, tetapi juga sportifitas, kerjasama, kepercayaan diri, menetapkan target, dan strategi yang semuanya bisa dimanfaatkan optimal untuk perkembangan anak secara utuh.

Kegiatan yang akan dilakukan pada Asian Games Goes to School antara lain adalah kompetisi, games, coaching clinic, storytelling dan masih banyak lagi. Melalui kegiatan-kegiatan ini, Panitia Pelaksana Asian Games 2018 berharap dapat memberikan dampak yang positif bagi anak Indonesia. Najeela Shihab menegaskan bahwa perhelatan Asian Games 2018 memberikan dampak sangat positif bagi anak Indonesia karena bisa menjadi inspirasi dan sumber belajar tentang nilai-nilai yang penting dari olahraga, yang sekali lagi bukan cuma soal kekuatan fisik, tetapi juga kecerdasan intelektual berkait strategi permainan, kecerdasan sosial-emosional saat menghadapi tekanan, dan lain-lan. 

“Tidak semua anak akan berprestasi gemilang di bidang olahraga, tetapi pembiasaan hidup sehat, apresiasi terhadap kerja keras dan juga kebanggaan sebagai warga negara bisa tumbuh dari perlehatan olahraga seperti Asian Games ini," papar Najeela. (bam)

 


TOPIK BERITA TERKAIT: #sambut-asian-games #jelang-asian-games 

Berita Terkait

PMKS Siap-Siap Ditertibkan

Jakarta Raya

Sanitasi Jalur Torch Relay Dibenahi

Jakarta Raya

AMPG DKI Dukung Asian Games

Nasional

Setu Babakan Dijadikan Paket Wisata Asian Games

Jakarta Raya

Sambut Asian Games, Kejuaraan Tinju Digelar di Mall

Indosport

IKLAN