Minggu, 23 September 2018 04:08 WIB
pmk

Megapolitan

Tangis Iringi Pemakaman Bocah Lucu Itu

Redaktur:

Grace Gabriela Bimusu. Foto. angga gumelar/indopos

INDOPOS.CO.ID - Duka mendalam masih dialami keluarga Grace Gabriela Bimusu, 5,6 tahun yang ditemukan tidak bernyawa di dalam karung di kebun dekat rumahnya di Perumahan Bogor Asri, Kampung Tarikolot, Kelurahan Nanggewer, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor, Selasa (1/5).

Kemarin (3/5), bocah perempuan itu dimakamkan keluarganya di TPU Pondok Rajeg, Kabupaten Bogor. Kematian Grace tentunya meninggalkan luka mendalam bagi keluarga besarnya. Ibu korban, Nancy Simatupang asal Batak tak henti-henti meratapi kepergian anak keduanya tersebut.

Ayah korban, Jimmy Bimusu asal Kupang NTT mengaku terakhir ketemu puterinya Senin (30/4). Kebiasaan Jimmy, sebelum berangkat kerja ia selalu mencium Grace. Bocah lucu itu pun selalu mencium tangan ayahnya.

”Setelah dicium pasti minta uang jajan. Itulah kebiasaan pagi yang sering saya lakukan dan hari itu terahir,” kenangnya saat ditemui Pojokbogor.com (INDOPOS Group) usai pemakaman, Rabu (2/4).

Grace berusia 5,6 tahun dan rencananya akan mendaftar PAUD tahun ini. Grace biasa bermain bersama teman-teman sebayanya. Waktu kejadian, teman-teman sebayanya masih berada di sekolah. Karena sendirian di rumah, Grace keluar mencari teman-temannya.

”Saat kejadian ini sendiri dia dari situ nggak keliatan lagi dan setelah kita temukan udah kondisinya seperti sekarang ini (tewas di dalam karung),” papar Jimmy juga. Dia juga enggan menaruh curiga kepada siapa pun terkait kematian anaknya tersebut.

Pihak keluarga menyerahkan kasus ini kepada kepolisian, dalam hal ini Polres Bogor guna menyelidiki dan segera mengungkapkan pelaku. ’Sebagai manusia wajar-wajar saja, kita boleh curiga, yang penting jangan menuduh siapapun tanpa bukti,” cetusnya.

Jimmy juga mengaku selama ini bersama tetangga maupun saudara-saudara tidak mempunyai masalah sama sekali. Hubungannya bersama tetangga terbilang harmonis dan baik-baik saja. ”Buktinya banyaknya kehadiran saudara dan teman kerja, juga tetangga saat pemakaman Grace,” lanjutnya.

Untuk diketahui, Grace menghilang saat bermain di dalam perumahan tempatnya tinggal Senin (30/4). Bocah cantik itu ditemukan pada Selasa (1/5) pukul 01. 50 di kebun yang tak jauh dari rumahnya. Grace ditemukan tewas di dalam karung.

Opung Grace, Maria Hutabara mengatakan belum mendapatkan hasil otopsi dari kepolisian. Namun, secara kilas Maria melihat fisik mayat Grace ada sobek di bibir bagian atas. ”Karena kami tidak membuka (mayat korban, Red) sebab dari rumah sakit sudah lengkap dengan bajunya, kaos kaki, sarung tangan, dan kami tidak berani membukanya,” katanya usai pemakaman.

Dia juga mengecam pembunuhan tersebut. ”Simpel, apa kesalahan cucu saya, anak 5 tahun 6 bulan, apa motifasinya mengambil nyawa cucu saya itu,” katanya sambil isak tangis.Pihak keluarga akan melakukan segala upaya untuk mengungkap pelaku pembunuh Grace.

Sedangkan polisi masih bekerja ekstra untuk mengungkap kasus bocah tewas Grace yang tewas dibunuh. Kapolres Bogor, AKBP Andi Moch Dicky menga¬takan, pihaknya sedang menggali infor¬masi dari para saksi untuk mengungkap motif di balik kematian Grace.

”Belum ada dugaan ke siapa pun, sekarang penyidik masih olah TKP,” katanya kepada Radar Bogor (INDOPOS Group) Rabu (2/5/2018). Namun, Andi optimistis, penyidiknya bisa bekerja lebih cepat lantaran identitas korban sudah terungkap terlebih dahulu.

Penyidik terus mengembangkan serangkaian motif tewasnya Grace. Mulai dari penculikan hingga pembunuhan. Sebab itu, kesaksian dari orang terdekat korban akan terus diintensifkan. ”Kami selidiki siapa saja yang berhubungan dengan korban,” ucapnya. (sbl/pj/jpg)

Hilang Seharian, Bocah Tewas Dalam Karung

Nama           : Grace Gabriela Bimusu 

Usia             : 5,6 tahun

Alamat         : Perumahan Bogor Asri Blok K 3/III RT

                       06/11, Desa Nanggewer, Cibinong,

                       Kabupaten Bogor 

Kronologis:

1.  Senin 30 April 2018

-Pukul 10.00 WIB

seorang saksi melihat korban sedang bermain di dekat pos ronda sendirian dekat masjid di dalam area Perumahan Perum Bogor Asri.

-Pukul 12.00 WIB

Korban tidak kunjung pulang, orang tua korban panik dan melakukan pencarian di sekitar perumahan. Bahkan pencarian dilakukan di sekitar wilayah Kelurahan Nanggewer, Kelurahan Karadenan hingga Kelurahan Cilebut tetapi Grace tidak ditemukan.

-Pukul 22.00 WIB

Orang tua korban melaporkan kejadian hilangnya Grace ke Markas Polres Bogor

2.  Selasa 1 Mei 2018

-Pukul 01.50 WIB

Ketua RT 06 Joko B andung menyampaikan kabar kepada keluarga korban, telah ditemukan sesosok anak perempuan di dalam karung di kebun pisang di area Perumahan Bogor Asri.

-Pukul 03.00 WIB

Polisi datang dan melakukan oleh Tempat Kejadian Perkara (TKP) termasuk menanyai saksi.

-Pukul 05.00 WIB

Polisi lantas membawa jasad anak perempuan dalam karung ke Rumah Sakit (RS) Polri dr Soekamto untuk kepentingan otopsi.

3.  Rabu 2 Mei 2018

-Pukul 10.00 WIB

Jenasah Grace diberangkatkan dari rumah duka menuju Gereja GPIB Pengharapan Cibinong di dalam asrama TNI.

-Pukul 01.00 WIB

Jasad Grace dibawa ke TPU Pondok Rajek guna dimakamkan.

 


TOPIK BERITA TERKAIT: #peristiwa #pembunuhan #kriminal 

Berita Terkait

Teror Stroberi Berjarum

Internasional

Cekcok, Warga Lebak Dituduh Bakar Mantan Istri

Banten Raya

Sepekan Dua Tewas, Pelajar Bogor Buat Sajam untuk Tawuran

Megapolitan

Polri Tahan Lima Tersangka Pelaku Human Trafficking

Nasional

Duh, Oknum PNS Ini Embat HP

Nusantara

Pegawai BNI Kuras ATM Nasabah

Banten Raya

IKLAN