Rabu, 19 September 2018 02:43 WIB
pmk

Jakarta Raya

Kampung Akuarium Bakal Dialiri Air Bersih

Redaktur:

INDOPOS.CO.ID - Kampung Akuarium, Jakarta Utara, yang digusur era mantan Gubernur Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), perlahan kembali ditata menjadi perkampungan yang sehat dan layak huni. Bahkan Pemprov DKI Jakarta, melalui perusahaan daerah PAM Jaya  memastikan dalam waktu dekat ini akan mengalirkan air bersih di kawasan tersebut.

“Jaringan pipa ke permukiman  kampung Akuarium sudah hampir selesai. Meteran air bersih juga sudah di pasang, tinggal menyelesaikan jaringan pipa keseluruh wilayah itu saja,” ujar Direktur Teknik PAM Jaya Barce Simarmata kepada wartawan disela-sela PAM Islamic Fair 2018 di kantor PAM Jaya kawasan Pejompongan, Jakarta Pusat, Kamis (3/5).

Lebih lanjut kata Barce, tidak lama lagi warga penghuni kampung Akuarium bisa menikmati air bersih. “Setidaknya memang ada 10 kampung prioritas yang sedang dikerjakan pada 2018 ini, dan salah satunya Kampung Akuarium,” kata dia.

Kawasan lainnya yang menjadi prioritas menutut Barce, adalah rusun Penjaringan yang dibiayai sendiri dari air PAM dan direncanakan selesai Mei ini.

"Kurang lebih sebesar Rp1,9 miliar, itu tercantum dalam RKAP PAM Jaya 2018. Itu buat mengairi 3-4 blok rusun baru. Kita akan penuhi kebutuhan air untuk penghuni rusun itu. Kapasitasnya harus kita cek dulu, nanti setelah kita pasang pipanya kita akan cek, berapa kita mampu menambahkan aliran air ke sana,"  ucapnya.

Tapi prinsipnya, jelas Barce, pihaknya harus memenuhi kebutuhan air bersih di rusun yang rencananya juga akan selesai dalam waktu dekat ini. Untuk proyek tersebut, PAM memprioritaskan memenuhi kebutuhan air di rusun Penjaringan, sehingga seluruh kebutuhan air di rusun bisa dipenuhi.

“Itu tergantung pemakaian air oleh warga setelah dialirkan, nanti  akan dilihat pemakaian rata-rata di rusun, baru kita kalkulasi. Rata-rata satu unit rusun menghabiskan sekitar 10 meter kubik per bulan,” terangnya.

Saat ini, jelas dia sudah selesai 85 persen. Tapi sementara terpaksa dihold dulu, karena ada kecelakaan kerja. Pihaknya masih melakukan investigasi di sana. “Setelah itu tuntas, baru kita lanjutkan. PAM Jaya  pasang pipa hampir 300 meter dengan kedalaman 4 meter. Jadi, sekarang kita coba investigasi apa penyebab kecelakaan itu, baru kita lanjutkan sisa yang 15 persen ini,” tuturnya.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memastikan pembangunan kembali Kampung Akuarium, akan selesai selambat-lambatnya dua tahun. Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Permukiman DKI Jakarta Agustino Darmawan menyebut pihaknya tak ingin warga terlalu lama terkatung-katung dengan tempat tinggal yang tidak jelas.

"Kita secepatnya rencana bangun ini. Paling lama ya dua tahun," kata dia.

Untuk saat ini, pihaknya masih melakukan koordinasi terkait penataan ulang lokasi Kampung Akuarium. Sebab, pihaknya mesti melakukan koordinasi dengan lembaga lain yang lahannya beririsan dengan lahan Pemprov itu.

"Kalau batas-batasnya sudah jelas, kita akan bangun di situ. Sekarang sedang koordinasi karena banyak yang beririsan (lahannya)," kata Agustino.

Untuk saat ini, lanjutnya, warga yang bertahan dari penggusuran kampung Aquarium telah dibuatkan shelter sementara.

Warga yang memilih menetap di atas puing-puing bekas penggusuran Kampung Akuarium itu pun saat ini telah menempati shelter tersebut.

"Sudah 100 persen, sudah ditempati," ujar Agustino.

Sebelumnya, Kampung Akuarium digusur oleh pemprov DKI era Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. Namun, warga kembali membangun pemukiman sementara mirip bedeng.

Pemprov DKI era Anies Baswedan kemudian berencana menata ulang kampung itu dengan membangun sejumlah bangunan perlindungan atau shelter untuk menggantikan bedeng-bedeng itu. Dana sebesar Rp21 miliar disiapkan. Namun, hal itu masih terkendala ketersediaan lahan. (nas)

-Kampung Akuarium, Jakarta Utara, yang digusur era mantan Gubernur Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), perlahan kembali ditata menjadi perkampungan yang sehat dan layak huni. 

-Pemprov DKI Jakarta, melalui perusahaan daerah PAM Jaya akan mengalirkan air bersih di kawasan tersebut. 

-Pembangunan kembali Kampung Akuarium, akan selesai selambat-lambatnya dua tahun.

-Dana sebesar Rp21 miliar disiapkan.


TOPIK BERITA TERKAIT: #kampung-akuarium #pam-jaya #pemprov-dki #air-bersih 

Berita Terkait

Pemprov DKI Dukung Penerapan e-Tilang

Jakarta Raya

Warga Kampung Bayam Minta Perhatian Pemprov DKI

Jakarta Raya

Tindak Tegas 52 PNS Koruptor DKI, Pemprov Bantah Data BKN

Jakarta Raya

Asyik, Penunggak Sewa Rusun Bakal Dihapus

Jakarta Raya

IKLAN