Rabu, 26 September 2018 02:01 WIB
pmk

Hukum

KPK Eksekusi Setnov Hari ini

Redaktur: Jakfar Shodik

Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Febri Diansyah

INDOPOS.CO.ID - Mantan Ketua DPR RI Setya Novanto (Setnov) direncanakan dieksekusi hari ini, Jumat (5/5) ke Lapas Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat. ”Sesuai putusan pengadilan tipikor, terpidana akan menjalani hukuman dan dipotong masa tahanan di sana,” tutur Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Febri Diansyah kepada media, di Jakarta, Jumat (5/5).

Selain itu, pihak Setnov juga telah membayar denda senilai Rp 500 juta dan biaya perkara senilai Rp 7.500. Sedang untuk pembayaran uang pengganti belum dilakukan selain uang titipan Rp 5 Miliar sebelumnya. "Pihak Setnov telah menyerahkan surat kesanggupan membayar,” imbuh mantan aktifis ICW tersebut.

Perlu diingat bilang Febri, kasus e-KTP itu merupakan contoh kasus korupsi yang lahir dari persekongkolan sempurna antara aktor politik di legislator, birokrasi hingga swasta. Di mana, komplotan itu melakukan  pengaturan sejak awal proses anggaran, pengadaan hingga pelaksanaan proyek. ”Ditambah dengan penyalahgunaan sistem keuangan dan mekanisme aliran dana rumit, berlapis-lapis dan lintas negara," tegasnya. (nue)


TOPIK BERITA TERKAIT: #setya-novanto #kpk #korupsi #korupsi-e-ktp 

Berita Terkait

IKLAN