Minggu, 23 September 2018 05:32 WIB
pmk

Nasional

Setnov Resmi Diekseskusi Doakan Orang yang Menzolimi

Redaktur: Jakfar Shodik

Terpidana kasus korupsi E-KTP, Setya Novanto saat akan dipindahkan ke Lapas Sukamiskin, Bandung dari Tahanan KPK, Kuningan, Jakarta, Jumat (4/5). Setnov di eksekusi ke lapas Sukamiskin setelah divonis 15 tahun masa tahanan oleh hakim Pengedalin Tipikor. Foto : Ismail Pohan/INDOPOS

INDOPOS.CO.ID - Mantan Ketua DPR RI Setya Novanto (Setnov) resmi dipindahkan dari rumah tahanan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) ke Lapas Suka Miskin, Bandung, Jawa Barat sekira pukul 13.30 WIB.

Pantauan INDOPOS di lokasi, Setnov tampak legawa. Mengenakan baju casual jaket kulit dipadu bawahan celana jeans, tidak banyak kata keluar dari mulut politisi kawakan Partai Golkar itu.

Saat diberondong pertanyaan sejumlah awak media ia berulang kali mengucap maaf. Begitu juga saat hendak memasuki mobil tahanan KPK. ”Saya mohon maaf kepada semua masyarakat Indonesia," ucapnya.

Menariknya, ada perkataan Setnov kembali menyinggung orang-orang di balik kasus yang menimpanya itu. ”Bagi yang menzolimi saya, semoga dimaafkan. Semoga cukup saya aja yang dizalimi," tukasnya lantas diamini sejumlah wartawan yang mengepugnya.

Sebelumnya, KPK, pada Rabu (2/5/) juga mengeksekusi dua terpidana lainnya, yaitu dua pejabat Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Irman dan Sugiharto, ke Lapas Sukamiskin. Novanto terbukti melakukan korupsi proyek e-KTP tahun anggaran 2011-2013.

Mantan Ketua DPR itu divonis 15 tahun penjara dan membayar denda Rp 500 juta subsider 3 bulan kurungan. Ia juga diwajibkan membayar uang pengganti USD 7,3 juta dikurangi Rp 5 miliar yang telah dititipkan kepada penyidik. Kalau menggunakan kurs rupiah tahun 2010, totalnya sekitar Rp 66 miliar. Apabila tidak dibayar setelah berkekuatan hukum tetap, harta bendanya akan disita atau dilelang.

Majelis hakim juga menjatuhkan pidana tambahan, yakni mencabut hak politik Setnov selama lima tahun setelah selesai menjalani masa pidana. Majelis hakim sepakat dengan jaksa KPK perihal penolakan permohonan justice collaborator yang diajukan terdakwa Setnov. (nug)


TOPIK BERITA TERKAIT: #setya-novanto #korupsi-e-ktp 

Berita Terkait

Ini Aliran Uang e-KTP yang Jadi Bancakan

Hukum

Cicil Uang Pengganti, Setnov Jual Harta

Nasional

Istri Setnov Sambangi KPK, Koordinasi Uang Pengganti

Nasional

Istri Setnov Sambangi KPK, Koordinasi Uang Pengganti

Nasional

IKLAN