Senin, 18 Juni 2018 02:39 WIB
bjb idul fitri

Tekno

Teknologi Blockchain Berikan Banyak Manfaat untuk Sektor Akuntansi

Redaktur:

Chairwoman of the Board of Directors Blockchain Zoo, Pandu Sastrowardoyo.

INDOPOS.CO.ID - Teknologi Blockchain kini berkembang sangat pesat dengan kemajuan ekonomi digital di Indonesia. Sebagai salah satu bentuk kemajuan dalam ekonomi digital, Blokchain merupakan salah satu terobosan yang mengedepankan terbukanya perekonomian.

Sistem yang using memberikan ketidakmudahan yang menyebabkan munculnya inovasi-inovasi yang membuat pengguna transaksi ekonomi melakukan pencarian system baru yang memudahkan cara transaksi lebih mudah dan cepat.

BACA JUGA : Viral! Install Aplikasi Lazada sekarang dapat Diskon Hingga 80% dan Gratis Ongkir Selama Ramadhan

Dalam industri keuangan, Blockchain bisa memberikan banyak manfaat terhadap sektor akuntansi. Tak hanya bagi sektor perbankan, penerapan teknologi Blockchain juga dapat diadopsi segala industri yang hubungannya dengan data pencatatan dimana masing-masing pihak yang berkepentingan memiliki personal server atau tidak mengandalkan satu server yang umumnya melibatkan pihak ketiga, baik yang sifatnya kerjasama perusahaan maupun internal perusahaan.

 “Teknologi Blockchain awalnya dianggap ancaman bagi dunia industri, dan saat ini boleh dibilang sebagai teknologi industri masa depan yang bisa diterapkan ke berbagai macam industri, selain perbankan salah satunya Blockchain sangat bermanfaat bagi accounting yakni dalam hal, efisiensi waktu, keamanan data dimana masing-masing pihak akan dapat memonitoring dengan masing-masing server mereka sehingga tidak ada lagi perbedaan pencatatan serta menghindari penyimpangan data,” ujar Chairwoman of the Board of Directors Blockchain Zoo, Pandu Sastrowardoyo. saat ditemui dalam kegiatan Digital Transformation and The Future of Accountant di CGV Pasific Place Jakarta, Kamis (3/5) lalu.

Pria yang juga merupakan Sekjen Asosiasi Blockchain Indonesia itu menjelaskan lebih lanjut bahwa Dalam pemanfaatan teknologi ini tidak perlu lagi menggunakan layanan server dari pihak ketiga karena blockchain bersifat desentralisasi kemudian data akan tersimpan dengan aman secara berlapis. Dengan penerapan teknologi Blockchain dalam accounting, proses transaksi akan menjadi lebih mudah dan efisien.

“Kehadiran Blockchain merupakan suatu hal yang tidak bisa dihindari. Terlebih, teknologi ini dapat memberikan transparansi dan efisiensi di era digital, blockchain  menjadi salah satu solusi dalam tren teknologi karena dianggap mampu mengefisiensi sebuah sistem informasi konvensional yang dapat memudahkan segala aktivitas,” tutup dia. (jpg)


TOPIK BERITA TERKAIT: #teknologi 

Berita Terkait

IKLAN