ICW : Jangan buat Larangan Syarat Calon, Tapi Syarat Pencalonan

INDOPOS.CO.ID – Indonesia Corruption Watch (ICW) meminta agar Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) diarahkan kepada partai dalam syarat pencalonan. Khususnya terkait larangan eks narapidana.

“Saya sempat mengusulkan, ubah saja syarat calon itu menjadi syarat pencalonan. khususnya soal larangan narapidana. Jadi bukan dari syarat calon kemudian dimention bahwa tidak boleh mantan narapidana dalam kejahatan tertentu seperti korpusi, kejahatan seksual terhadap anak, narkotika, dan terrorisme, jangan dibunyikan disitu, diatasnya saja. Hasilnya akan tetap sama,” ujar Koordinator Divisi Korupsi Politik, Donal Fariz, di Jakarta, Sabtu (5/5).

Baca Juga :

Menurut Donal, mestinya kewajibannya diberikan kepada partai, karena syarat pencalonan dengan syarat calon itu berbeda.“Syarat pencalonan itu merujuk kepada partai politik. Mandatnya ada di partai. Kalau syarat calon yang diatur orang akan mudah mengujinya,” terangnya. 

Jadi Donal menilai, KPU harus jeli untuk mensiasati agar tidak mudah dibatalkan, jangan dibuat menjadi larangan syarat calon. Tapi syarat pencalonan. Karena itu menjadi kewenangan bagi partai politik untuk mengaturnya.

“Karena bisa saja partai politik menambahkan syarat pencalonan dengan tidak menerima mantan pelaku kekerasan terhadap perempuan, kan itu bisa juga mereka buat diaturan internal partai mereka masing-masing,” tegasnya. (mar)

Komentar telah ditutup.