Selasa, 13 November 2018 11:38 WIB
pmk

Headline

Menteri Susi: Jaga Kekayaan Laut

Redaktur: Ali Rahman

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti saat membuka Musyawarah Nasional VII Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) dan Rembug Nelayan Nasional 2018 di Tangerang, Banten, Senin (7/5).

INDOPOS.CO.ID - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti meminta seluruh pihak untuk bersama, menjaga kekayaan dari sektor laut tersebut.

Hal tersebut diungkapkan Susi saat membuka Musyawarah Nasional VII Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) dan Rembug Nelayan Nasional 2018 di Tangerang, Banten, Senin (7/5).

"Pihak asing pencuri ikan tidak akan berhenti menemukan cara untuk kembali mencuri ikan di Indonesia. Ada banyak lokasi pembuatan kapal ukuran besar di beberapa daerah. Ini membutuhkan pengawalan bersama, harus diperiksa dan ditelusuri modal serta kepemilikannya," tegas dia.

Tindakan tersebut perlu dilakukan sebelum memberikan izin. Karena perikanan tangkap dengan menggunakan kapal penangkap ikan di perairan Indonesia dan laut lepas harus berasal dari modal dalam negeri 100 persen.

"Dan diperlukan izin khusus dari Kementerian Kelautan dan Perikanan mengenai alokasi sumber daya ikan dan titik koordinat daerah penangkapan ikan. Karena itu, saya harap HNSI sebagai perhimpunan nelayan mampu berdiri paling depan untuk mengawal Perpres No 44 tahun 2016," pintanya.

Ya, melindungi nelayan, dan tidak membiarkan kapal asing kembali beroperasi di Wilayah Pengelolaan Perikanan (WPP) RI menjadi poin yang dilandasi di Perpres tersebut. "Semoga kita bisa terus bersinergi untuk menjaga kedaulatan laut Indonesia demi kesejahteraan nelayan Indonesia," pungkasnya. (asp)


TOPIK BERITA TERKAIT: #kekayaan-laut #susi-pudjiastuti 

Berita Terkait

IKLAN