Kamis, 22 November 2018 06:12 WIB
pmk

Kesehatan

Pelayanan Kesehatan Butuh Transformasi Digital

Redaktur: Redjo Prahananda

INDOPOS.CO.ID - CEO Power Breakfast bersama Siloam Hospitals, Dr. James T Riady, CEO Lippo Group, melihat perkembangan dunia sangat pesat.

Era globalisasi berkembang pesat di era digital Tiga  isu menjadi penentu dunia sekarang, masing-masing: pendidikan, kesehatan dan ekonomi. Melihat isu kesehatan, James menilai perlu transformasi digital di bidang pelayanan kesehatan. "Ada tiga miliar penduduk dunia yang akan masuk di Indonesia". jelas dia.

Satu dari tiga miliar dari mereka akan membutuhkan pelayanan kesehatan. "Pertanyaan sekarang, siapa penentu pelayanan kesehatan terpadun, tentu dari kami," tutur dia di Hotel Ritz Charlton, Selasa,(8/5).

Indonesia harus berbenah diri dalam meningkatkan pembangunan kesehatan. Dengan pembangunan pelayanan kesehatan seperti rumah sakit diseluruh wilayah Indonesia, akan ada banyak masyarakat masuk dalam kategori sehat.

Bukan cuma itu, penyerapan tenaga kesehatan juga akan meningkat seiring pertumbuhan rumah sakit. Kaitan dengan era globalisasi dan teknologi, pelayanan rumah sakit membutuhkan suatu transformasi digital dalam bentuk pembayaran. "Kami menyebut kapitasi digital," ujarnya.

Kapitasi digital adalah suatu metode pembayaran untuk pelayanan kesehatan dengan mode digital, dimana metode ini tidak hanya berbasis pembayaran tetapi memasukan data-data yang berkaitan dengan rekam medik, keanggotaan dan lain-lainnya dengan klikkan dari jari kita.

Dia menyampaikan, meskipun pelayanan kesehatan di Indonesia belum menyentuh secara menyuluruh, tapi tantangan harus dihadapi dengan produktifitas. Kecanggihan tidak hanya sebatas kecanggihan. Teknologi harus dimanfaatkan sebaik mungkin. (rmz)


TOPIK BERITA TERKAIT: #siloam-hospitals #kesehatan 

Berita Terkait

Pemprov Diminta Perbaiki Layanan Kesehatan

Jakarta Raya

Solusi Pasokan Obat yang Aman dan Murah

Jakarta Raya

Jadilah Pemilik Hewan yang Cerdas

Jakarta Raya

Bayi Prematur Juga Bisa Tumbuh Optimal

Internasional

Jangan Biarkan Kanker Meredupkan Mimpi

Jakarta Raya

Hampir Capai Seratus Persen

Jakarta Raya

IKLAN