Rabu, 15 Agustus 2018 07:32 WIB
pmk

Internasional

Trump dan Kim Jong Un Akankah Bertemu di Singapura?

Redaktur:

Trump dan Kim Jong Un

INDOPOS.CO.ID - PRESIDEN Amerika Serikat (AS) Donald Trump dan Pemimpin Tertinggi Korea Utara (Korut) Kim Jong Un kemungkinan akan bertemu di Singapura bulan depan. Sebuah laporan mengatakan, hal tersebut sebagai antisipasi untuk pembicaraan yang belum pernah terjadi sebelumnya antara kedua pemimpin tersebut, Senin, (7/5).

Trump mengatakan, kedua belah pihak telah menetapkan tanggal dan lokasi untuk kerja sama tingkat tinggi (KTT) yang pertama antara Presiden AS dan Pemimpin Korut. Ia akan segera mengumumkannya kepada wartawan.

KTT penting itu akan berlangsung pada pertengahan Juni mendatang menurut harian Korsel, Chosun Ilbo, mengutip sumber diplomatik yang mengutip Penasihat Keamanan Nasional Trump, John Bolton. Surat kabar tersebut menyatakan, kemungkinan Singapura menjadi tuan rumah pertemuan penting itu.

Sebelumnya, Trump menjadi tuan rumah bagi Presiden Korsel Moon Jae In di Gedung Putih akhir bulan ini, tanpa memberikan penjelasan lebih lanjut. Bolton bertemu dengan rekannya dari Korsel Chung Eui Yong di Washington akhir pekan lalu untuk membahas rencana lokasi pertemuan Trump dan Kim Jong Un tersebut.

Kantor berita Korsel, Yonhap News Agency juga membuat laporan serupa yang mengatakan, Singapura merupakan lokasi favorit yang akan menjadi tempat digelarnya KTT mendatang. Trump sebelumnya menyatakan, zona demiliterisasi antara Korut dan Korsel sebagai tempat pertemuan puncak antara Kim dan Moon.

Sebelumnya, Mongolia dan Swiss disebut-sebut akan menjadi tempat pertemuan Trump dan Kim. Persiapan untuk pertemuan penting tersebut telah berjalan sejak KTT Korea akhir bulan lalu, Pyongyang dan Seoul berjanji untuk mengejar denuklirisasi di Semenanjung Korea dan membuat perjanjian perdamaian resmi untuk mengakhiri Perang Korea 1950-53.

Selain itu, Korut telah menawarkan untuk menutup situs uji coba nuklirnya bulan ini. Korut akan mengundang para ahli AS untuk memverifikasi langkah itu. Korut juga memindahkan jamnya maju 30 menit lebih awal Sabtu untuk mencocokkan waktu dengan Korsel. (ina/iml/trz/JPC)


TOPIK BERITA TERKAIT: #donald-trump #korea-utara 

Berita Terkait

IKLAN