Senin, 19 November 2018 11:14 WIB
pmk

Ekonomi

Pos Indonesia Luncurkan Chatbot

Redaktur: Ali Rahman

Direktur Utama PT Pos Indonesia, Gilarsi W Setijono didampingi Pakar Digital dan Teknologi Informatika, Wira Pradana luncurkan layanan digital chatbot di Kantor Pos Besar Pasar Baru, Jakarta Pusat, Selasa (8/5). Foto: Yudha Krastawan/Indopos.

INDOPOS.CO.ID - Kehadiran internet memiliki dampak yang sangat luar biasa. Internet menjadi suatu keharusan dalam kehidupan manusia saat ini. Dengan kata lain, internet telah menjelma menjadi kebutuhan pokok manusia di seluruh lini kehidupan sama halnya kebutuhan sandang, pangan dan papan. Pos Indonesia semakin percaya diri menyasar segmen milenial di tengah upaya perseroan dalam merelevankan layanan kepada generasi milenial. Untuk itu, PT Pos Indonesia (Persero) meluncurkan layanan terbarunya bernama 'chatbot'.

Chatbot merupakan software yang dirancang khusus untuk mensimulasikan percakapan dengan satu atau lebih manusia baik secara audio atau teks lalu mereka akan mengirim kembali (merespon) sesuai kebutuhan yang kita inginkan.

Chatbot ini terintegrasi ke dalam program pesan seperti Facebook Messenger, Telegram dan Line. Chatbot bisa merespon kebutuhan akan informasi dan keluhan pelanggan terhadap layanan Pos Indonesia. 

Layanan ini berfungsi sebagai customer service virtual yang dapat melayani pelanggan selama 7×24 jam yang ditanamkan pada berbagai platform messaging seperti di Line di@posindonesia, Telegram di @posindonesia-officialbot, Facebook Messanger di @posidn.care dan melalui Web Widget yang tersedia di website resmi Pos Indonesia. 

"Dengan diluncurkan chatbot ini merupakan salah satu langkah transformasi digital Pos Indonesia dalam memberikan layanan yang lebih efektif, efisien, dan customer-oriented dan sebagai upaya perusahaan dalam merelevankan seluruh kebutuhan bisnisnya ke depan. Hal ini dikarenakan layanan ini dapat memberikan kemudahan akses bagi pelanggan sekaligus merupakan bentuk adaptasi Perseroan terhadap tren dan kebutuhan layanan contact center modern," ujar Direktur Utama PT Pos Indonesia (Persero) Gilarsi W Setijono  saat melaunching pelayanan virtual chatbot di Kantor Pos Besar, Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Selasa (8/5). 

Menurut Gilarsi, ada tujuh menu pilihan telah disiapkan untuk mendapatkan informasi tentang layanan Pos bagi pelanggan, yakni informasi tentang info layanan Pos, alamat Kantorpos, jam buka Kantorpos, tarif pengiriman, lacak kiriman, informasi kodepos dan pengaduan layanan pos. Sedangkan untuk layanan PON dan layanam Layanan Pick Up masih dalam proses penyelesaian. 

Sebagai contoh, apabila kita menginginkan informasi tentang alamat Kantorpos, cara lama, kita akan melakukan googling sampai akhirnya muncul informasi yang kita inginkan. Sehingga tentu membutuhkan waktu yang cukup lama. 

Dengan chatbot kita cukup menyampaikan informasi lokasi (kota/kecamatan/kelurahan), maka selanjutnya dalam hitungan detik alamat Kantorpos yang diminta akan tersaji lengkap beserta petanya.

Dimungkinkan pula layanam pengaduan, pelanggan, dimana pelanggan dapat langsung berkirim pesan dengan agent customer care secara online setiap hari Senin-Sabtu pada pukul 06.00 hingga pukul 22.00 dan pada hari Minggu pada pukul 09.00-17.00, sehingga semua keluhan pelanggan dapat segera dituntaskan. 

Kesempatan yang sama, Pakar Digital dan Teknologi Informatika, Wira Pradana mengungkapkan, chatbot merupakan layanan digital pertama yang dimiliki oleh perusahaan jasa pengiriman di seluruh dunia. "Artinya, baru Indonesia satu-satunya negara yang mempunyai layanan digital ini yakni PT Pos Indonesia," ungkapnya. 

Dia pun optimistis layanan virtual ini akan terus berkembang, menyusul kemajuan teknologi digital yang begitu pesat di tengah masyarakat. "Di samping itu juga tuntutan masyarakat akan perkembangan informasi dan teknologi termutakhir," jelasnya. (ydh)

 


TOPIK BERITA TERKAIT: #pos-indonesia-luncurkan-chatbot 

Berita Terkait

IKLAN