Sabtu, 17 November 2018 05:48 WIB
pmk

Indobisnis

Penggerak Ekonomi, PNM Berikan Kartini Award

Redaktur: Redjo Prahananda

Direktur Kepatuhan dan Manajemen Resiko PT PNM Gunadi, Dirut PNM Arief Mulyadi, komisaris Utama Agus Muharram, Komisaris Sholeh Amin, Direktur Bisnis Mekaar Abiati Riana, bersama penerima penghargaan Kartini Masa Kini.

INDOPOS.CO.ID - PT Permodalan Nasional Madani (PNM), Rabu (9/5) memberikan penghargaan "Kartini Masa Kini",  buat lima orang nasabah perempuannya. Dikarenakan mereka dapat menjadi penggerak ekonomi UMKM buat masyarakat sekitarnya. 

Mereka adalah  Casmuti dari Tegal , Ineu Susanti dari Sukabumi, Maslina dari Bangka Belitung, Nurul dari Pekanbaru dan Endah dari Bogor. 

"Mereka ini awalnya terpaksa berusaha. Namun sekarang jadi penggerak ekonomi di lingkungan sekitarnya. Ini kami apresiasi. UMKM bisa menjadi inisiator dan motivator percepatan ekonomi di lingkungannya," ujar Direktur Utama PT PNM Arief Mulyadi di Jakarta, Rabu (9/5).

Ia menambahkan, saat ini ada 63 ribu pelaku UMKM yang dibina PNM. Jumlah itu menurutnya masih sedikit. "Dari 59 juta pelaku UMKM di Indonesia, tapi kalau dari 63 ribu jadi inovator dan motivator, akan luar biasa. Para pemenang Kartini Award akan kami ajak keliling Indonesia, untuk berbagi ilmu dan pengalaman kepada UMKM binaan PNM," jelas Arief.

Lebih lanjut ia mengatakan, PNM saat ini juga memiliki aktifitas jasa Usaha Layanan Modal Mikro (Ulamm). Dengan jumlah nasabah 278 ribu orang lebih. Ulamm memberikan modal kerja mulai dari Rp 5 juta sampai Rp 5 miliar.

Aktifitas PNM lainnya adalah  membina ekonomi keluarga sejahtera (Meekar). Dengan memberikan pinjaman rata-rata Rp 2,1 juta pernasabah. Saat ini jumlah nasabahnya yang merupakan keluarga pra-sejahtera sekitar 2,9 juta orang. 

"Target kami mereka tidak mewariskan kemiskinan. Karena dengan adanya usaha tambahan, ekonomi meningkat. Memutus kemiskinan," pungkasnya. 

Sementara itu, Endah, salah satu penerima penghargaan mengaku awalnya terpaksa menekuni bisnis. Sebab tidak ada waktu buat keluarga. Ia kemudian memutuskan berhenti bekerja. Membuka usaha. Hingga kemudian berkembang. Serta mampu mempekerjakan masyarakat disekitarnya."Sekarang saya juga mau mengembangkan usaha garmen," pungkasnya. 

Sementara itu, Komisaris Utama PT  PNM Agus Muharram, mengapresiasi capaian para pelaku bisnis tersebut. "Saya mendoakan bisnisnya tambah maju. Kami juga akan membantu memfasilitasi kalau mau pameran di Smesco. PNM berkomitmen membantu UMKM mengembangkan usahanya," pungkasnya.(dai) 


TOPIK BERITA TERKAIT: #pt-permodalan-nasional-madani #kartini-award 

Berita Terkait

IKLAN