Minggu, 18 November 2018 06:57 WIB
pmk

Internasional

Oposisi Malaysia Menang Pemilu, Gerindra Yakin akan Menular ke Indonesia

Redaktur: Ali Rahman

Perdana Menteri Malaysi Najib Razak. Foto: Dok Indopos.

INDOPOS.CO.ID - Ketua DPP Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Ahmad Riza Patria menilai, kekalahan Perdana Menteri Najib Razak yang dikalahkan kelompok oposisi bakal terjadi di Indonesia.

Dia menjelaskan bahwa faktor kekalahan Nadjib terjadi lantaran beberapa isu yang ada di negeri jiran seperti masuknya Tenaga Kerja Asing dari Tiongkok, korupsi yang dilakukan penguasa, dan hutang luar negeri.

Lalu kata Riza, apa yang terjadi di Malaysia, tidak jauh berbeda dengan kondisi yang di alami Indonesia sekarang ini.

“Hasil Pemilu Malaysia, ini menambah semangat (oposisi diIndonesia). Malaysia sama juga kan isunya hutang, korupsi, tambah TKA luar bisa. Saya sejak awal yakin, jadi ini barang dan itu akan menular ke Jakarta (Indonesia),” ucap Riza di Kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Kamis (10/5).

Sementara itu, pandangan sebaliknya disampaikan Politikus Partai Golkar, Ace Hasan Syadzily. Menurutnya, apa yang terjadi di Malaysia tidak sama dengan apa yang terjadi di Indonesia.

Ia menilai, kekalahan Najib di Malaysia akibat ketidakpercayaan publik terhadap petahana karena perilaku koruptif. Sementara Joko Widodo selaku pemimpin negara tidak pernah tersentuh dengan isu-isu korupsi.

“Saya meyakini Pak Jokowi sejauh ini tidak terlibat dengan kasus-kasus korupsi. Bahkan dia selalu menjaga betul agar anggota tidak menjalankan tindakan-tindakan itu,” katanya.

Disisi lain, partai koalisi oposisi yang dipimpin Mahathir Mohamad, tidak sepenuhnya gabungan partai oposisi tapi juga ada partai lain yang pro pemerintah. “Di kubu Pak Mahathir ada kelompok non pribumi juga. Kasus di Malaysia lebih dinilai pada pemerintahan korup,” jelas Ace.

Diketahui, gabungan oposisi Malaysia yang dipimpin mantan perdana menteri Mahathir Mohamad berhasil meraih kemenangan bersejarah dalam pemilihan umum Malaysia. Mereka berhasil mengalahkan kelompok lawan yang telah berkuasa selama 100 tahun. (jaa)


TOPIK BERITA TERKAIT: #parpol-oposisi-malaysia-menang #pemilu-malaysia 

Berita Terkait

IKLAN