Rabu, 18 Juli 2018 09:49 WIB
BJB JULI V 2

Politik

Baliho Airlangga Dinilai Langgar PKPU, Yayasan Salam 4 Jari Beri Penjelasan

Redaktur: Ali Rahman

Riaumandiri.co

INDOPOS.CO.ID - Yayasan Salam 4 Jari memberikan klarifikasi mengenai baliho Airlangga Hartarto yang di duga Bawaslu Provinsi Riau telah melanggar Peraturan KPU.

Juru Bicara Yayasan Salam 4 Jari, Anict HT mengatakan, baliho tersebut dipasang atas nama yayasan mereka sebagai lembaga civil society yang telah terdaftar resmi. Yayasan ini telah di sahkan di Kemenkumham dengan No AHU-0003158.AH.01.04 Tahun2018.

"Yayasan ini juga juga secara resmi mengantongi Surat Keterangan Terdaftar Di Departemen Keuangan RI No: S-965KT/WPJ.04/KP.0103/2018," ujar Anict dalam keterangan tertulis yang diterima INDOPOS, Jumat (11/5).

Dia menegaskan, baliho salam 4 Jari tidak ada kaitannya dengan Partai Golkar maupun Pilkada yang sedang berlangsung.

Baliho tersebut ,menurut Anict, semata-mata ditujukan untuk mensosialisasikan gagasan Revolusi Industri ke 4 Bagi Generasi Milenial yang terinspirasi oleh Tokoh Nasional Airlangga Hartarto. "Ini bagian dari hak civil society untuk mendukung sebuah gagasan besar," tegasnya.

Selain itu, kata Anict, baliho itu juga tidak hanya dipasang di Provinsi Riau, tetapi di pasang di sembilan provinsi lain di Indonesia.

"Jadi menurut kami, Bawaslu Riau telah melakukan penafsiran yang keliru atas Peraturan KPU no 4 Th 2017 pasal 70 ayat (1 )dan (2) yang telah menduga pasangan Calon Gubernur nomor urut 4  yakni Arysadjuliandri Rahman-Suyatno yang kebetulan dari telah melanggar administrasi," papar Anict.

Diketahui, Bawaslu Riau menilai baliho bergambar Airlangga dengan simbol salam 4 jari telah melanggar pasal 70 ayat (1) dan (2) peraturan KPU no 4 tahun 2017. 

Aturan tersebut menjelaskan bahwa partai politik atau gabungan partai pasangan calon atau tim kampanye dilarang mencetak dan menyebarkan bahan kampanye selain dalam ukuran jumlah serta lokasi yang sudah ditentukan KPU Provinsi, Kabupaten dan Kota. (jaa)


TOPIK BERITA TERKAIT: #baliho-airlangga-hartarto #pilgub-riau #pilkada-serentak 

Berita Terkait

IKLAN