Rabu, 17 Oktober 2018 02:14 WIB
pmk

Politik

Pendukung Jokowi Sodorkan Din Syamsuddin Cawapres

Redaktur: Nurhayat

Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah Din Syamsudin. Foto: dilianto/indopos

INDOPOS.CO.ID-  Siapa pendamping Joko Widodo di Pilpres 2019 nanti masih belum terjawab. Namun harapan dan dorongan terus bermunculan dari para pendukung terhadap sejumlah tokoh, salah satunya Din Syamsudin yang diusulkan oleh Relawan Nasional 212 Jokowi Presiden Republik Indonesia (Renas 212 JPRI).

"Kami menginginkan tokoh-tokoh religius Islam dapat mendampingi Pak Jokowi, salah satunya Pak Din Syamsudin," ujar Koordinator Nasional Renas 212 JPRI Muhamad Nasir dalam keterangan pers yang diterima INDOPOS di Jakarta, Jumat (11/5).

Kenapa harus Din Syamsudin? Kata Nasir, nama mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah itu memiliki kapabilitas keilmuan dan mampu menaikkan elektabilitas jika nanti ada pasangan capres yang lain. "Pastinya yang memiliki peluang  untuk menambah dukungan suara. Dan nama Pak Din adalah yang paling sering disebut oleh publik," ucapnya.

Jika nanti nama Din tidak juga mendapat dukungan dari partai koalisi pemerintah, selaku elemen masyarakat yang menginginkan Jokowi dua periode ini juga membeberkan ada 9 Cawapres alternatif lainnya dari sosok religius.

Nama-nama itu yakni, Mahfud MD, Jimly Assidiqie, Yusril Ihza Mahendra, Muhaimin Iskandar, Zulkifli Hasan, Budi Gunawan (selaku pengurus Dewan Masjid Indonesia), TGB Zainul Majdi, Ahmad Heryawan, dan Anies Matta.

Kata Nasir, dalam momentum Pilpres 2019 ini perlu ada konsensus bersama antara dua kelompok besar yakni nasionalis dan religius agar permusyawaratan perwakilan sesuai demokrasi Pancasila sila keempat tetap terjaga.

"Sebab kemerdekaan bangsa juga terbentuk atas kesepakatan para "founding father" yang terdiri dari kelompok nasionalis dan religius (Islam) yang bersepakat bahwa Pancasila dan NKRI adalah pemersatu di tengah keanekaragaman suku bangsa Indonesia," beber Nasir. (dil)


TOPIK BERITA TERKAIT: #pemilu-2019 #jokowi-menuju-2019 

Berita Terkait

Warga Keluhkan Spanduk Caleg

Nasional

Capres Boleh Beri Kuliah Umum

Jakarta Raya

Tumbuhkan Kesadaran Politik Milenial Melalui Lomba Lagu

Jakarta Raya

Panwascam Tamansari Pelototin DPT

Politik

IKLAN