Rabu, 26 September 2018 10:15 WIB
pmk

Total Sport

Bappenas: Asian Games 2018 Hasilkan Rp 3,6 Triliun

Redaktur: Redjo Prahananda

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro pada diskusi Forum Merdeka Barat 9 di Kantor Kementerian Komunikasi dan Informatika, Jakarta, Minggu (13/5). Foto: cr-1

INDOPOS.CO.ID - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro mengatakan, Asian Games bukan hanya dipandang dari sebuah harapan semata. "Kita juga mesti belajar dari data pada negara-negara yang sukses menyelenggarakan internasional," kata dia pada diskusi Forum Merdeka Barat 9 di Kantor Kementerian Komunikasi dan Informatika, Jakarta, Minggu (13/5).

Dia menjelaskan, manfaat penyelenggaraan Asian Games di Indonesia akan menciptakan dampak yang besar bagi pembangunan ekonomi Indonesia. Ini ditinjau dari banyaknya organ-organ yang akan ikut menyukseskan Asian Games. Mulai dari masyarakat Indonesia sendiri sampai masyarakat internsional, baik yang datang langsung ke Indonesia ataupun hanya bisa menikmati keindahan Indonesia dibalik layar kaca.

"Tahun 1962, Indonesia masih tergolong negara miskin. Namun dampak dari Asian games, Indonesia tertuntut untuk membangun fasilitas penunjang. Misalnya sarana olah raga seperti Gelora Bung karno (GBK), TVRI, Hotel Indonesia, dan sampai saat ini masih relevan untuk masyarakat Indonesia," tuturnya.

Bambang juga memaparkan negara yang berhasil menjadi tuan rumah dalam acara multi event dan dianggapnya, berhasil dalam aspek pembangunan ekonominya.

Misalnya, Olimpiade di Sidney tahun 2000. Dalam kurun waktu 12 tahun masa persiapan sampai pasca pelakasanaan. Perekonomian Sidney meningkat 490 juta dollar pertahun dari tahun 1994 sampau tahun 20016. Juga, Olimpiade di Inggris tahun 2012. Diperkirakan, Olimpiade berkonstribusi terhadap pendapatan domestik bruto (PDB) Inggris sebesar Rp 16,5 miliar.

Dia menambahkan, untuk Indonesia sendiri dampak langsung ekonominya, misalnya, Kita membeli kaos Asian Games sebesar Rp 150 ribu. Maka suplier dari kain, benang, transportasi akan mendapatkan keuntungannya luar biasa. Selain itu, permintaan hotelpun juga akan meningkat seiring dengan banyaknya masyarakat yang akan datang ke Jakarta.

Disamping itu, Bambang juga mengkalkulasi dampak ekonomi secara langsung pada perhelatan Asian Games mendatang sebagai berikut; Pengeluaran atlet 2 juta perhari, official 2 juta perhari, media 1,7 juta, wisatawan manca negara 2,2 juta perhari. Jadi, Jika di total perhelatan Asian Games akan meraup keuntungan hampir Rp 3,6 triliun yang terbagi dari pos akomodasi Rp 1,3 triliun, makan dan minuman Rp 629 miliar dan hiburan Rp 280 miliar. (cr-1)


TOPIK BERITA TERKAIT: #asian-games-2018 

Berita Terkait

Peralatan Asian Games Diberikan ke Cabor

Total Sport

Danone AQUA Sebarkan Semangat Kebaikan Pasca Asian Games

Indobisnis

Sukses Karate di Asian Games untuk Modal ke Tokyo

Total Sport

Christo Akui Lebih Nyaman Bersama Aldila

Total Sport

Asian Games 2018 Bukti Nyata Revolusi Mental

Nasional

IKLAN