Kamis, 22 November 2018 03:33 WIB
pmk

Wanita

Mbok Cikrak, TKI Sukses di Taiwan

Redaktur: Ali Rahman

INDOPOS.CO.ID - Mbok Cikrak adalah salah satu Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang terbilang sukses saat mengadu nasib di negeri orang. Ya, dia satu dari sekian banyak TKI yang memilih mengadu nasib di Taiwan.

Saat itu, keputusan Mbok Cikrak meninggalkan Indonesia dan rela jauh dari keluarga karena ia ingin membuat perekonomian keluarga menjadi lebih baik.

“Karena ekonomi lemah, saya ingin berubah membantu keluarga dan mencari uang. Kebanyakan orang Indonesia itu pergi ke Taiwan karena ingin merubah nasib keluarga,” katanya yang sudah bekerja di Taiwan sejak tahun 2000.

Namun beberapa kali ia menemukan sesama orang Indonesia terlantar begitu saja di bandara. Rata-rata diantara mereka tak tahu apa yang dilakukan, yang lainnya bahkan tertipu dengan tiket pulang.

”Orang Taiwan enggak peduli, dia sudah ngurusin gitu aja, habis itu ya sudah enggak mau ngurusin lagi,” katanya.

Sepuluh tahun Mbok berkutat di Bandara Taiwan, dia secara aktif Mbok menerangkan mengenai apa yang diperbolehkan dan dilarang sebelum pulang ke Indonesia.

Hingga kini Mbok memanfaatkan apa yang ada, mulai dari facebook, youtube hingga Bigo Live. Dari situ Mbok melayani pertanyaan sampai sesekali menghibur agar penontonnya tak bosan

“Iya aku sering di Bigo. Jadi mereka tanya kan aku bisa langsung jawab, kasih saran. Pokoknya memanfaatkan apa yang ada,” kata ibu dua anak itu.

Dari Bigo, Mbok bisa mendulang sekitar Rp 15 juta per bulan. Uang tersebut belum termasuk usaha kosmetik yang dijalankan Mbok. Pundi-pundi rupiah tak dimasukkan semua ke kantong pribadinya. Melalui yayasan, Mbok membantu kehidupan sekitar 200 anak yatim.

Sampai sekarang Mbok terus membantu memberi tips untuk para pekerja yang saat ini berada di luar sana.

“Pintar-pintar memanfaatkan teknologi. Kalau ada masalah jangan langsung kabur. Karena kalau kabur gitu saja kita akan susah dapat kerja lagi,” ujarnya. (sho)


TOPIK BERITA TERKAIT: #tki 

Berita Terkait

RI Desak Arab Saudi Patuhi Konvensi Wina

Headline

Eksekusi Mati Tuti Wajah Buruk Perlindungan TKI

Nasional

DPR Desak BNP2TKI Dibubarkan

Nasional

PBNU Kecam Eksekusi Tuty Tursilawati

Nasional

RI Protes Saudi, TKI Divonis Tanpa Notif

Headline

IKLAN