Rabu, 20 Juni 2018 06:49 WIB
bjb idul fitri

Internasional

NASA Siap Terbangkan Helikopter ke Mars

Redaktur:

CANGGIH - Manajer Proyek Helikopter Mars di Jet Propulsion, Laboratorium NASA, Mimi Aung mengatakan, helikopter akan dikendalikan dari jarak jauh. Dirancang untuk terbang dalam atmosfer tipis Mars. Net

INDOPOS.CO.ID - The National Aeronautics and Space Administration (NASA) akan mengirim helikopter kecilnya ke Planet Mars sebagai bagian dari misi penjelahan Mars 2020. Seperti dilansir Reuters, Jumat, (11/5), helikopter tersebut diharapkan dapat membantu menjelajahi permukaan Mars.

Manajer Proyek Helikopter Mars di Jet Propulsion, Laboratorium NASA, Mimi Aung mengatakan, helikopter akan dikendalikan dari jarak jauh. Dirancang untuk terbang dalam atmosfer tipis Mars dengan baling-baling counter-rotating kembar.

BACA JUGA : Viral! Install Aplikasi Lazada sekarang dapat Diskon Hingga 80% dan Gratis Ongkir Selama Ramadhan

Helikopter berbobot sekitar 1,8 kilogram, baling-balingnya akan berputar pada hampir 3.000 rpm, kira-kira 10 kali lipat dari yang digunakan oleh helikopter di Bumi. Catatan ketinggian untuk helikopter yang terbang di Bumi sekitar 40.000 kaki.

”Atmosfer Mars hanya satu persen dari Bumi, jadi ketika helikopter kami berada di permukaan Mars, itu sudah di Bumi setara dengan 100.000 kaki (30.480 meter),” ujarnya.

Para pejabat NASA mengatakan, rotorcraft akan mencapai permukaan Planet Merah yang melekat pada kendaraan berukuran mobil. Setelah menempatkan helikopter di tanah Mars, kendaraan akan diarahkan untuk berkendara ke jarak yang aman untuk menyampaikan perintah.

Pengendali di Bumi akan memerintahkan helikopter untuk melakukan penerbangan sendiri pertama setelah baterai diisi dan tes dilakukan. "Gagasan tentang sebuah helikopter yang terbang dan pengendalinya dari planet lain sangat menarik," kata Administrator NASA Jim Bridenstine.

Helikopter ini dimaksudkan untuk menunjukkan kelayakan dan kegunaan dari kendaraan tersebut di Mars. NASA mengatakan, pihaknya merencanakan periode uji coba 30 hari yang akan mencakup hingga lima penerbangan.

Helikopter ini berbahan bakar sel surya untuk mengisi baterai lithium ion dan mempunyai mekanisme pemanasan agar tetap hangat selama malam yang dingin. Misi penjelajah Mars 2020 dijadwalkan akan diluncurkan pada bulan Juli 2020 dari Stasiun Angkatan Udara Cape Canaveral di Florida dan mencapai Mars pada Februari 2021. (ina/trz/JPC)


TOPIK BERITA TERKAIT: #nasa 

Berita Terkait

Perkiraan NASA: Kota yang Akan Banjir Saat Es Mencair

Internasional

IKLAN