Jumat, 21 September 2018 05:37 WIB
pmk

Fokus

Bupati BS Ditangkap KPK Bersama Istri Muda

Redaktur: eko satiya hushada

KENA OTT - Bupati Bengkulu Selatan dan istri mudanya. (foto: Bengkulu Ekspress)

KOTA MANNA  - Operasi tangkap tangan (OTT) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terhadap Bupati Bengkulu Selatan (BS) Dirwan Mahmud, ternyata juga bersama istri mudanya, Heni,  Selasa (15/5). Juru Bicara KPK RI, Febri Diansyah mengatakan, OTT  sekitar pukul 18.15 WIB tersebut hasil dari pemantauan beberapa hari di wilayah hukum Bengkulu. 

"Empat orang sudah diamankan bersama tim. Ada bupati, keluarga bupati (istri muda), PNS dan pihak swasta (pengusaha sawit) yang diamankan serta uang sekitar Rp 100 jutaan,"  kata Febri.

Febri menambahkan, penangkapan tersebut berdasarkan informasi yang berkembang di masyarakat adanya transaksi suap. "Kami melakukan kroscek informasi dari masyarakat. Diduga transaksi sudah terjadi. Sejumlah uang diamankan tim dan sedang dalam perhitungan," katanya.

Dia menambahkan, KPK juga sedang mendalami  keterkaitan proyek dalam kasus tersebut.   "Sedang kami dalami keterkaitan dengan proyek di daerah tersebut. Informasi lebih lanjut akan kami sampaikan. Kami masih bekerja," katanya.

Dari informasi  dihimpun  BE di lapangan, Dirwan  ditangkap KPK di rumah pribadinya, di jalan Gerak Alam, Padang  Pematang, Kota Medan, Kota Manna.  OTT diduga terkait pungutan liar mutasi pejabat dan juga karena kasus dugaan pemberian fee proyek.

KPK membawa Bupati BS dan istri mudanya itu menuju ke  Polda  Bengkulu dengan menggunakan mobil KPK sekitar pukul 19.00 WIB. Selain keduanya,  ada juga dua orang pria, PNS dan pengusaha sawit.  Saat  wartawan Bengkulu Ekspress (Grup INDOPOS)  menyambangi rumah pribadinya, terlihat ada beberapa anggota  Polisi berpakaian lengkap dengan memegang senjata laras panjang.

Kapolres BS, AKBP Rudy Purnomo SIK MH membenarkan, jika Bupati BS dibawa  KPK ke Polda Bengkulu. Hanya saja dirinya belum tahu penyebab bupati kena OTT oleh KPK.  Informasi nya pak bupati kena OTT KPK, namun saya belum tahu  kasus apa yang menyebabkan Pak Bupati ditangkap KPK, " ujar Rudy.

Hingga pukul 22.16 WIB, Selasa (15/5) malam, Tim dari KPK yang membawa Bupati Dirwan Mahmud dan istrinya, belum sampai ke Mapolda Bengkulu. 

Direskrimsus Polda Bengkulu, Kombes pol Ahmad Tarmizi saat dimintai keterangan mengaku juga sedang menunggu kedatangan tim KPK dan terduga OTT.  "Liat saja nanti ya, kita juga sedang menunggu," ungkapnya.  (369/jpg)


TOPIK BERITA TERKAIT: #ott-bupati-bengkulu-selatan #bupati-bengkulu-selatan #dirwan-mahmud 

Berita Terkait

IKLAN