Rabu, 17 Oktober 2018 02:09 WIB
pmk

Jakarta Raya

Ketua Dewan Ajak Warga Cegah Teror

Redaktur:

KUAT - Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi, mengajak masyarakat bersatu memerangi terorisme yang marak terjadi beberapa waktu terakhir di sejumlah wilayah. JOESVICAR IQBAL/INDOPOS

INDOPOS.CO.ID - Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi menghimbau warga ibu kota, tidak gentar terhadap aksi teror yang terjadi di sejumlah wilayah dalam sepekan terakhir. Ia juga meminta masyarakat mengintensifkan kembali kegiatan sistem keamanan lingkungan (siskamling), sebagai upaya pencegahan.

"Kita tidak takut!. Mari intensifkan kembali siskampling, untuk mencegah aksi terorisme agar tidak terulang," ujar Prasetio, Rabu (16/5).

Pras, panggilan akrabnya, mengajak masyarakat untuk tetap tenang dan menjalankan aktivitas seperti biasa. Karena aparat keamanan juga terus bekerja mengembalikan situasi kondusif.

"Sebagai orang yang beragama, kita hidup bermasyarakat dengan niat baik dan tulus. Tidak ada yang perlu ditakuti," tegas Pras.

Tak lupa, Sekretaris DPD PDI-P DKI ini menyampaikan belasungkawa mendalam kepada keluarga korban atas aksi teror di berbagai daerah.

"Tentu, kami sangat prihatin atas musibah ini. Semoga keluarga diberikan ketabahan dan korban meninggal mendapatkan tempat terbaik disisi Tuhan Yang Maha Esa," ujar Pras.

Orang-orang tersebut (teroris), terang Pras, adalah orang yang tidak bertanggung jawab dan sangat biadab," cetus Pras.

Sementara itu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, merespon maraknya aksi teror dengan menerbitkan Seruan Gubernur DKI Jakarta Nomor 6 Tahun 2018 tentang Peningkatan Kewaspadaan di Lingkungan Masyarakat.

Dalam surat yang diterbitkan, Rabu (16/5), Anies berharap agar anggota Dewan Kota / Dewan Kabupaten, Anggota Lembaga Musyawarah Kelurahan, Anggota Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat, Ketua Rukun Warga (RW) dan Ketua Rukun Tetangga (RT) turut menjaga stabilitas guna meningkatkan kewaspadaan di lingkungan masyarakat.

Langkah tersebut dilakukan dengan cara meningkatkan koordinasi dengan aparat wilayah dan aparat keamanan di lingkungan masing-masing, meningkatkan pengawasan terhadap penghuni kost, warga pendatang dan atau tamu serta mengaktifkan sistem keamanan lingkungan (Siskamling) bersama warga.

Selain itu, warga diimbau untuk melaporkan kepada aparat wilayah dan aparat keamanan apabila mengetahui atau menemukan situasi dan kondisi mencurigakan serta mengajak warga untuk saling menjaga, menghadirkan suasana tenang, ikut peduli serta terlibat dalam merawat kerukunan dan keharmonisan lingkungan.

Berikut isi Seruan Gubernur DKI Jakarta Nomor 6 Tahun 2018 tentang Peningkatan Kewaspadaan di Lingkungan Masyarakat

Dalam rangka menciptakan Jakarta sebagai Ibukota negara yang aman dan kondusif, dengan ini saya menyerukan kepada

1. Para anggota Dewan Kota / Dewan Kabupaten

2. Para Anggota Lembaga Musyawarah Kelurahan

3. Para Anggota Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat

4. Para Ketua Rukun Warga (RW)

5. Ketua Rukun Tetangga (RT)

Untuk turut menjaga stabilitas guna meningkatkan kewaspadaan di lingkungan masyarakat, antara lain

1. Meningkatkan koordinasi dengan aparat wilayah dan aparat keamanan di lingkungan masing-masing

2. Meningkatkan pengawasan terhadap penghuni kost, warga pendatang dan atau tamu

3. Mengaktifkan sistem keamanan lingkungan (Siskamling) bersama warga

4. Melaporkan kepada aparat wilayah dan aparat keamanan apabila mengetahui atau menemukan situasi dan kondisi mencurigakan

5. Mengajak warga untuk saling menjaga, menghadirkan suasana tenang, ikut peduli serta terlibat dalam merawat kerukunan dan keharmonisan lingkungan. (ibl)


TOPIK BERITA TERKAIT: #dprd-dki #terorisme 

Berita Terkait

Ketua Dewan Cari Solusi Banjir

Nasional

Empat Napiter Tewas di Nusakambangan

Nasional

Dewan DKI Banyak Tak Hadiri Rapat

Jakarta Raya

Trotoar Ramah Disabilitas Dikebut

Jakarta Raya

Dewan Dorong Pembangunan Trotoar Ramah Disabilitas

Jakarta Raya

Bentuk Pansus, Dewan Minta Honorer K2 Diangkat CPNS

Nasional

IKLAN