Rabu, 18 Juli 2018 09:38 WIB
BJB JULI V 2

Nasional

MUI Ajak Tingkatkan Toleransi di Bulan Suci

Redaktur: Sicilia

Wakil Ketua Umum MUI Zainut Tauhid. Foto : Dok INDOPOS

INDOPOS.CO.ID - Wakil Ketua Umum MUI Zainut Tauhid mengajak umat Islam agar memasuki bulan Ramadan dengan penuh keimanan dan keikhlasan. Serta mengembangkan sikap toleransi dalam menjalankan agama, agar tidak terjebak pada sikap egoisme kelompok yang dapat melahirkan pertentangan dan perselisihan, termasuk perbedaan paham keagamaan.

"Hindarilah perbuatan yang sia-sia dan pemborosan dan hal-hal lain yang mendatangkan kemudharatan bagi diri sendiri dan orang lain," ujar dia kepada INDOPOS di Jakarta, Kamis (17/5). Dia juga mengatakan, bulan puasa harus dimaknai sebagai bulan yang penuh dengan rahmat atau kasih sayang.

Berpuasa bukan hanya sekedar menahan diri dari makan, minum, dan semua hal yang dapat membatalkannya. "Puasa juga dapat melatih kepekaan kita terhadap kesulitan orang lain, melatih empati kita kepada orang yang belum beruntung, dan keberpihakan kita kepada orang yang teraniaya," ucapnya bijak.

Lebih dari itu, sambung Zainut, puasa dapat membentuk pribadi yang menghargai nilai-nilai kemanusian dan hak asasi manusia. Puasa dapat menjauhkan diri dari perbuatan zalim, aniaya, teror dan bentuk kerusakan lainnya.

Selain itu, implementasi nilai-nilai Islam tentang perdamaian, kasih sayang, dan keadilan akan lebih mudah ketika seseorang sedang melaksanakan ibadah puasa. "Diharapkan nilai-nilai tersebut akan terus menjadi bekas (atsar) dalam kehidupan sehari-hari," pungkasnya. (jaa)


TOPIK BERITA TERKAIT: #mui #ramadan 

Berita Terkait

IKLAN