Jumat, 16 November 2018 04:58 WIB
pmk

Ekonomi

Jamkrindo Berikan Penjaminan Suretyship Online

Redaktur:

KERJA BARENG-(ki-ka) Deputi Kementerian BUMN Bidang Usaha Jasa Keuangan, Jasa Survei dan Konsultan Kementerian BUMN, Gatot Trihargo, Dirut Perum Jamkrindo Randi Anto, Dirut Semen Baturaja Rahmad Pribadi, dan Menteri BUMN Rini Soemarno berfoto bersama usai teken perjanjian kerja sama (PKS) antara Perum Jamkrindo dengan Semen Baturaja terkait penjaminan suretyship online di Jakarta, Kamis, (17/5). TONI SUHARTONO/INDOPOS

INDOPOS.CO.ID - Perum Jamkrindo meneken kerja sama dengan PT Semen Baturaja (SMBR) penjaminan suretyship online. Kerja bareng itu meliputi jaminan penawaran, jaminan pelaksanaan, jaminan uang muka, dan jaminan pemeliharaan. ”Vendor Semen Baturaja cukup mengisi form digital secara mandiri,” tutur Direktur Utama Jamkrindo Randi Anto, di Jakarta, Kamis (17/5).

Menyusul terobosan itu, proses pengajuan penjaminan lebih mudah dan efisien. Dengan begitu, pengurusan dokumen tender para kontraktor akan terbantu. Kerja sama itu, langkah strategis untuk mengoptimalkan pemanfaatan potensi bisnis. Meningkatkan sinergi kegiatan bisnis kedua belah pihak dengan prinsip saling menguntungkan. ”Kami membidik potensi volume penjaminan dari nilai capital expendicuture (Capex) atau belanja modal,” imbuhnya.

PT Semen Baturaja memperoleh manajemen kontrol dan data base lebih baik. Dan, lebih mudah memonitor proyek mana yang belum terjamin. Dengan begitu, bisa meningkatkan optimalisasi penyerapan belanja modal.

Randi mengklaim lini bisnis penjaminan suretyship dan penjaminan non-bank masih sangat potensial. Tercatat volume penjaminan suretyship dan penjaminan non-Bank tahun lalu mencapai Rp 27,44 triliun, naik 20,27 persen dari keseluruhan penjaminan Jamkrindo Rp 135,36 triliun. ”Kerja sama ini merupakan sebuah milestone penting dan berdampak besar,” tukasnya.

Menteri BUMN Rini Soemarno menyebut sinergi antarsesama BUMN untuk meningkatkan efisiens. Memperbaiki ketimpangan, pemerataan ekonomi, dan menjadi agen pembangunan. ”BUMN jangan semata memikirkan keuntungan, tetapi bagaimana ikut membangun lingkungan, dan berkontribusi dalam pembangunan ekonomi,” tegas Rini. (ers)


TOPIK BERITA TERKAIT: #jamkrindo 

Berita Terkait

IKLAN