Senin, 24 September 2018 11:13 WIB
pmk

Ekonomi

Kadin Bentuk Komite Bilateral India

Redaktur: Jakfar Shodik

Foto : Istimewa

INDOPOS.CO.ID - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia bersama Kedutaan Besar (Kedubes) India membentuk Komite Bilateral India (KBI) kepengurusan baru. Komite Bilateral itu bekerja di bawah koordinasi Kadin Bidang Hubungan Internasional. 

Anggota Komite Bilateral India Kadin Indonesia di antaranya, Ketua Komite India Kadin Indonesia, Satish Mahtani (Dua Surya Dinamika), Iwan Lukminto (Sritex), Adrian Lembong (Adaro), Derice Sumantri (Progress Group), Sigit Muhartono (Garuda Indonesia), Irawati Setiady (Kalbe Farma), Johan Mulyawan (Mayora), dan Fakir Chand (Indo Setu Bara Resources).

Sementara itu, Ketua Umum Kadin Indonesia, Rosan P Roeslani mengatakan KBI diharap mampu mengidentifikasi potensi atau hambatan. Karena dalam CEO forum sebelumnya, pada 2016 lalu, kedua negara sepakat mengejar target ambisius 50:50.  ”Dengan total perdagangan dan investasi USD 50 Miliar pada 2025,” tutur Rosan di Jakarta, Jumat (18/5). 

Dua kali kunjungan kenegaraan dilakukan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke India menunjukkan komitmen luar biasa bagi penguatan hubungan ekonomi bilateral. Indonesia dan India sebelumnya diprediksi akan menjadi kekuatan ekonomi terbesar ke-6 dan ke-3 pada 2030. Kondisi itu menyimpan potensi kerja sama perdagangan dan investasi sangat besar.

Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Hubungan Internasional Shinta Widjaja Kamdani, berharap KBI mampu menjadi katalis dalam meraih target investasi dan perdagangan para pelaku usaha dua negara. Khususnya telah disepakati sebelumnya meliputi 6 sektor yaitu pertambangan, infrastruktur, manufaktur, farmasi, digital, dan sektor jasa. Sektor manufaktur misalnya bisa melakukan kerja sama investasi untuk instalasi pemurnian (refinery), tekstil, dan otomotif. 

"Untuk infrastruktur juga bisa meningkatkan kerja sama bidang penerbangan mengingat India akan menjadi pasar penerbangan dunia terbesar ketiga dan Indonesia keenam dalam beberapa tahun mendatang," tukas Shinta.

Keenam sektor menjadi fokus kerja sama Kadin KBI merupakan kesepakatan yang dihasilkan para pengusaha dari kedua negara pada CEO Forum Indonesia-India 2016 lalu dilaksanakan di sela kunjungan Presiden Jokowi ke India. (dai)


TOPIK BERITA TERKAIT: #kadin #komite-bilateral-india #ceo-forum #bisnis 

Berita Terkait

IKLAN