Jumat, 19 Oktober 2018 10:07 WIB
pmk

Liga Inggris

Chelsea vs Manchester United, Misteri Trofi Kutukan Conte

Redaktur:

Antonio Conte dan Jose Mourinho

INDOPOS.CO.ID - La maledizione della Coppa Italia. Artinya, kurang lebih kutukan di Coppa Italia. Ya, itulah realitas faktual yang mengiringi perjalanan karir Antonio Conte sebagai pelatih selama di Italia. Dengan lima klub yang berbeda dalam delapan musim, The Godfather selalu jadi pecundang begitu memburu trofi itu. Tentu saja maksudnya Coppa Italia.

Yang menarik, kutukan itu malahan berlanjut begitu Conte tiba di London. Di musim pertama, misalnya, saat mengangkat trofi Premier League, Conte bahkan tak mampu mengangkat trofi juara dalam ajang Piala FA dan Piala Liga. Padahal, dia nyaris memenangkan Piala FA sebelum ditekuk Arsenal, 1-2 di Wembley, London.

Nah, Conte kembali menguji peruntungannya dalam final turnamen tertua dunia itu, saat menantang Manchester United dalam final Piala FA edisi ke-137, malam nanti WIB. ''Itu (kalah dalam perebutan trofi piala) sudah membayangi saya sejak musim pertama dengan Juventus. Di Sabtu malam, saya ingin sekali merasakannya,'' ucap Conte, kepada London Evening Standard.

Situasi yang dihadapi Conte beda seperti ketika dia di Juventus. Musim ini, dia belum bisa membawa pulang trofi juara apa pun ke London,  Cobham yang menjadi markas besar Chelsea. Rata-rata, saat masih di Juventus, dia selalu mampu memberi trofi dalam semusim. Dengan demikian, tekanan seperti yang di musim ini dia rasakan tak pernah terjadi.

Conte menyebut Piala FA musim ini nilainya setara dengan Premier League musim lalu. ''Saya tak suka mengatakannya, tapi saya senang membahasnya. Tentu, ini bakal jadi salah satu capaian terbesar bagi tim, bagi pemain, bagi klub,  dan tentu saja bagi fans kami,'' lanjutnya. Chelsea kali terakhir juara Piala FA pada 2011-2012.

Apalagi, rata-rata dari skuad finalnya malam nanti hampir separonya alumnus final pada musim lalu. Salah satunya gelandang Cesc Fabregas. Musim lalu, Cesc hanya main di setengah jam terakhir. Kali ini kans starter ada di tangannya. ''Tak mudah untuk mengakhiri musim yang buruk ini. Tapi ini saatnya kami mengakhirinya,'' ungkap Cesc dalam wawancaranya di London Evening Standard.

Sama seperti Conte, Cesc juga tak pernah beruntung di Piala FA sejak kali terakhir dia di skuad juara Arsenal pada edisi 2005. Gelandang yang sempat disebut “ular” di balik pemecatan Jose Mourinho pada Desember 2015 itu mengklaim dressing room Chelsea kini tengah on fire. ''Dan kami anggap ini seperti hendak memenangkan treble. Motivasi yang bisa membuat kami bisa lebih lapar dan berhasrat mengalahkan mereka,'' tambahnya.

Sebagai sama-sama top manager di Premier League, Mourinho juga sudah lama tak bisa mengangkat trofi juara di turnamen ini. Sepanjang tujuh musimnya di daratan Inggris, dia cuma sekali bisa mendapatkannya pada musim 2006-2007. Sisanya, mentok.  Mourinho hanya mampu merasakan atmosfer semifinal sekali pada musim keduanya, 2005-2006.

Kepada Sky Sport Mourinho tak peduli dengan rekor yang tak 100 persennya saat tampil di final turnamen – semua klub yang pernah dia besut. Dari 14 kali final, Mourinho cuma gagal dua kali. Begitu pula rekornya saat berhadapan dengan Conte. Dari enam kali dia beradu taktik, hanya dua kali Mourinho yang jadi pemenang.

''Saya pikir mental menang dan rekor di final takkan jadi patokan di final. Itu cuma masa lalu dan final tentang laga Sabtu malam,'' sebut Mourinho. The Special One berbicara soal relasi  dengan Conte. Meski sama-sama ingin menyudahi musimnya dengan trofi, Mourinho memberi garansi takkan terjadi lagi perseteruan di pinggir lapangan. ''Setelah laga, saya mengundang dia ke kantor saya. Kami sudah membicarakannya,'' sebut Mourionho. (ren)

Perkiraan Pemain

Chelsea (3-4-1-2): 13-Courtois (g); 28-Azpilicueta, 24-Cahill (c), 2-Ruediger; 15-Moses, 4-Fabregas, 7-Kante, 3-Alonso; 22-Willian, 10-Hazard; 9-Morata

Pelatih: Antonio Conte

Man United (4-2-3-1): 1-De Gea (g); 25-Valencia (c), 3-Bailly, 12-Smalling, 18-Young; 31-Matic, 39-McTominay; 14-Lingard, 6-Pogba, 7-Alexis; 9-Lukaku

Pelatih: Jose Mourinho

Wasit     : Michael Oliver

Stadion: Wembley, London

 


TOPIK BERITA TERKAIT: #manchester-united #chelsea 

Berita Terkait

Fans Chelsea Bersyukur si Gurita Itu Sudah Pergi Jauh

Liga Inggris

Jamu Valencia, MU Bertekad Redam Tekanan Old Trafford

Liga Champions

Muncul Friksi dengan Alexis

Liga Inggris

Chelsea vs Liverpool, Pembuktian Dua Kiper Termahal

Liga Inggris

IKLAN