Nasional

Formappi Desak DPR Segera Rampungkan RUU Terorisme

Redaktur: Redjo Prahananda
Formappi Desak DPR Segera Rampungkan RUU Terorisme - Nasional

Peneliti Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (Formappi )Lucius Karus usai mengikuti diskusi di Jalan Sam Ratulangie nomor 1, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (19/5). Foto: Emanuel Liu/Indopos

INDOPOS.CO.ID - Peneliti Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (Formappi )Lucius Karus, mendesak DPR RI untuk segera menyelesaikan atau menghadirkan RUU terorisme secepat mungkin dan transparan.

Ini diungkapkannya saat menghadiri diskusi bersama Pimpinan Pusat Persatuan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PP PMKRI) di Jalan Sam Ratulangie nomor 1, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (19/5).

Hal tersebut cukup beralasan karena melihat dari situasi yang terjadi selama ini, Indonesia sedang berada dalam sebuah masa dimana keprihatinan yang mendalam terhadap kasus teror yang baru saja terjadi di Surabaya.

“ Yang paling mencengangkan adalah saat adanya banyak korban dalam kasus teror, tiba-tiba berkembang dinamikan terkait dengan RUU pemberantasan tindak pindana Terorisme dan Perpu,” jelasnya.

Dengan demikian ia menilai, tidak memiliki rasa prihatin kepada para korban sehingga begitu mudah untuk mengalihkan fokus dari peristiwa di Surabaya dan kemudian berbicara masalah kepentingan pragmatis terkait perlu tidaknya RUU Terorisme.

“ Berbicara soal pemberantasan terorisme yang sedang dibahas oleh DPR RI melalui RUU terorisme, telah dibahas sejak dua tahun yang lalu. Namun belum disahkan hingga saat ini,” terangnya.

DPR harus menjalankan makna prioritas dari semua kepentingan mendasar yang ditetapkan satiap tahun. “ Sekarang kami sedang terjebak dalam permainan DPR menyusun rencana prioritas pembuatan legislasi, hanya sebagai respon atau reaksi sesaat,” tegas dia.

Dengan demikian perlu mendorong kepada DPR untuk menyerap aspirasi, sehingga mereka tidak bermain-main dengan terorisme. (nue)

Berita Terkait

Nasional / SP JICT Minta DPR Kawal Hasil Audit Investigasi BPK 

Internasional / Turki Siap Bantu Pembangunan Irak

Nasional / Remisi Robert Tantular Perlu Kaji Ulang

Nasional / DPR Akan Kebut Revisi UU Perkawinan

Nasional / Komisi VI Desak PT Pupuk Indonesia Diaudit

Nasional / Panggil MA dan KY


Baca Juga !.