Kamis, 20 September 2018 10:27 WIB
pmk

Nusantara

Batang, Menyimpan Ragam Wisata Menakjubkan

Redaktur:

AIR TERJUN-Curug Gombong yang menjadi favorit pengunjung ke Batang, Jawa Tengah. DEWI MARYANI/INDOPOS

INDOPOS.CO.ID - Kabupaten Batang, Jawa Tengah, yang masuk dalam garis Pantai Utara (Pantura), memiliki banyak potensi wisata, termasuk deretan pantai yang tak kalah indah dari daerah lain.

Bahkan, beberapa pantai favorit di Batang, memiliki kekhasan tersendiri yang bisa dinikmati wisatawan. ''Pantai kita mulai sebelah barat ada Cigandu, dan sampai ke Pantai Ujung Negoro, satu deret pantai sepanjang lima kilometer,'' kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata BatangKabupaten Batang, Wahyu Budi Santoso, belum lama ini.

Terbagi atas 15 kecamatan, 235 Desa dan 9 Kelurahan. Kondisi wilayah Kabupaten Batang merupakan kombinasi antara daerah pantai, dataran rendah dan pegunungan. Dengan kondisi ini Kabupaten Batang mempunyai potensi yang sangat besar untuk agroindustri, agrowisata dan agrobisnis.

Destinasi pariwisata Kabupaten Batang tidak hanya meliputi pantai, perkebunan serta kuliner namun Curug atau Air Terjun pun turut mendominasi sektor pariwisata di Kabupaten Batang. Curug Gombong terletak di Desa Gombong Kec. Pecalungan yang dapat di akses melalui jalur Pantura lewat pasar Subah ke arah Selatan sekitar 6 Km. Curug ini memiliki ketinggian 15 meter dan dikelilingi batu berlapis membentuk pondasi tebing yang alami sehingga menjadikan wisata alam yang indah di pandang.

Batang Dolphins Center merupakan salah satu unit Taman Safari Indonesia yang berada di wilayah Kabupaten Batang. Dolphins Center berada dalam kawasan pantai Sigandu. Batang Dolphins center tidak hanya menyimpan beragam jenis air dan mamalia, melainkan terdapat pula mini zoo untuk melihat berbagai macam jenis hewan darat lainnya seperti Gajah, Bekantan, Unggas dan masih banyak lainnya.

Kolam Renang Bandar Ecopark terletak di Kecamatan Bandar tepatnya di Desa Wonokerto. Kolam renang Bandar terasa sejuk untuk berendam, karena sumber airnya berasal dari mata air asli dari dalam tanah diantara pepohonan besar sekitar kawasan kolam renang adalah kawasan hutan taman yang sejuk yang dirancang dengan tema taman ekowisata.

Kolam Renang ini telah dilengkapi dengan sarana yang memadai seperti kolam renang anak-anak dan kolam renang dewasa, dan juga terdapat taman bermain yang luas disekitar kolam renang.

Potensi wisata baru yang telah di buka sebagai salah satu destinasi Pariwisata di Batang ini telah sukses menyita perhatian khalayak masyarakat Batang. Spot utama dalam penyelenggaraan kegiatan tersebut terletak di Bukit Sikuping Desa Kedawung Kecamatan Banyuputih. Kemudian, baru-baru ini juga di fasilitasi dengan akomodasi yang sama Kegiatan Olahraga paralayang ini telah mencoba pada spot wilayah Pantai, yaitu Pantai Jodo dengan memanfaatkan energi sumber daya angin yang cukup untuk menerbangkan paralayang tersebut.

Ada juga Pantai Kuripan. terletak di Desa Kuripan, Subah. Dapat di akses melalui jalur Pantura, Pasar Subah ke arah Utara sekitar 10 Km.Salah satu Destinasi Pantai yang juga Asri dan masih alami ini juga menjadi daya tarik bagi wisatawan yang ingin sekadar menikmati hembusnya angin laut yang menderu didukung dengan pemandangan yang elok dan unik karena dekat dengan jalur Kereta Api, Stasiun Kuripan. (dew)

OBYEK WISATA BATANG

1) Air terjun (Curug) Gombong

2) Wisata Edukasi Kebun Binatang

3) Kolam Renang Ecopark

4) Agrowisata Kebun Teh

5) Wisata Olahraga Paralayang

6) Sikembang Park

7) Pemandian Air Hangat Sangubanyu

8) Tubing Pandansari

9) Pantai Kuripan

10) Pantai Jodo


TOPIK BERITA TERKAIT: #wisata-bahari 

Berita Terkait

IKLAN