Sabtu, 23 Juni 2018 03:01 WIB
bjb idul fitri

Nasional

Pansus Sebut 23 Mei Kepastian RUU Antiterorisme

Redaktur: Redjo Prahananda

Wakil Ketua Pansus RUU Antiterorisme DPR RI, Supiadin Aries Saputra (dua dari kiri) saat menjadi pembicara di salah satu acara di Jakarta, Sabtu (19/5). Foto: Iwan Kurniawan/Indopos

INDOPOS.CO.ID - Wakil Ketua Panitia Khusus (Pansus) Rancangan Undang-Undang (RUU) Antiterorisme DPR RI, Supiadin Aries Saputra mengatakan, Rabu (23/5) nanti kepastian penetapan RUU Antiterorisme.

Menurutnya, saat ini dasar hukum itu hanya meyisahkan satu poin yang belum disepakati, yakni tentang definisi terorisme. Itu akan dibuat komprehensif sehingga tidak fokus ke satu agama, misalnya Islam. 

BACA JUGA : Viral! Install Aplikasi Lazada sekarang dapat Diskon Hingga 80% dan Gratis Ongkir Selama Ramadhan

Berarti, siapapun akan masuk kategori teroris jika ditetapkan melakukan perbuatan terorisme. Jika itu sudah disepakati, maka tim perumusan selesai.
Namun, ia membantah , percepatan RUU Antiterorisme itu karena banyak pihak  menyalahkan DPR atas serangan teror di beberapa daerah di Tanah Air ini. 

"Pembahasan revisi UU terorisme ini sejak awal sudah cepat. Tapi mekanisme pembahasan dan pemikiran yang berkembang. Terdapat proses," kata Supiadin saat ditemui usai menjadi pembicara di sebuah acara di Jakarta, Sabtu (19/5)

Dibeberkannya, itu dimulai dari seminar nasional. Di situ dihadirkan berbagai stakehoilder terkait yang berkepentingan dengan UU tersebut. Selanjutnya, baru dilakukan Rapat Dengar Pendapat Umum (RDTU) dengan para pakar.

Setelah itu selesai, lanjutnya, baru dilanjutkan dengan agenda Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan kementerian dan lembaga. " (Proses pembahasan) muncul segala macam ide. Setelah fiksi semuanya, baru diserahkan kepada masing-masing fraksi untuk ditanggapi," sebut dia.(iwk)

 


TOPIK BERITA TERKAIT: #ruu-terorisme 

Berita Terkait

IKLAN