Kamis, 21 Juni 2018 11:50 WIB
bjb idul fitri

Nasional

Indo Barometer: Soeharto Presiden Paling Berhasil

Redaktur: Redjo Prahananda

TERBAIK - Soeharto, presiden ke-2 Republik Indonesia

INDOPOS.CO.ID - Masyarakat Indonesia menilai Presiden ke-2 Republik Indonesia, Soeharto sebagai pemimpin paling berhasil dari tujuh kepala  negara sejak Indonesia merdeka.

Nama Soeharto tetap menduduki peringkat teratas. Ini merupakan hasil survei Indo Barometer dalam momentum 20 Tahun reformasi.

BACA JUGA : Viral! Install Aplikasi Lazada sekarang dapat Diskon Hingga 80% dan Gratis Ongkir Selama Ramadhan

"Presiden Indonesia pilihan  publik paling berhasil adalah Soeharto 32,9 persen, Soekarno 21,3 persen, Joko Widodo 17,8 persen, dan Susilo Bambang Yudhoyono 11,6 persen," ujar Direktur Eksekutif Indo Barometer, M. Qodary Jakarta, Minggu (20/5).

Meski begitu, kata Qodary, popularitas Presiden Soeharto  mengalami penurunan sejak survei  April 2011. Hal ini menurutnya sejalan dengan menguatkan presepsi publik bahwa era reformasi lebih baik.

"Soeharto mengalami penurunan dari 40,5 persen menjadi 32,9 persen hal ini sejalan dengan penilaian publik yang melihat era reformasi lebih baik 52,7 persen," jelasnya.

Sementara itu Wakil Ketua DPR RI, Fahri Hamzah, tokoh reformasi 98 dan  terlibat dalam pergantian Orde Baru (Orba) melihat, popularitas Presiden Soeharto cukup wajar.

"Bukan paling baik, tapi orang menganggap dari kinerja sekarang. Wajar saja Soeharto 32 tahun membangun institusi. Institusi sekarang masih eksis. Wajar orang menanggap dia yang paling sukses. Engga ada masalah, kita syukuri.” kata Fahri Hamza. (jaa)
 

 


TOPIK BERITA TERKAIT: #survei-indo-barometer #soeharto 

Berita Terkait

IKLAN