Kamis, 20 September 2018 10:00 WIB
pmk

Fashion

Anggunnya Tenun Donggala Besutan Nieta Hidayani

Redaktur:

CANTIK-Lenggak lenggok model memeragakan koleksi busana yang mengusung tema Sense of Donggala. Foto: Dewi Maryani/ INDOPOS

INDOPOS.CO.ID – Bukan semata penutup tubuh, ada mimpi dan harapan dalam selembar kain (wastra) Nusantara. Mimpi dan harapan itu dirajut Nieta Hidayani dalam koleksi busana yang mengusung tema Sense of Donggala. 

Kain tenun yang biasa dipakai untuk acara adat, kini menjelma dalam busana yang dapat dikenakan pada kegiatan sehari-hari. Corak tenun tampil elegan berpadu dengan kain yang ringan agar mudah digunakan. Nieta mengeksplorasi kain tenun Donggala, Sulawesi Tengah, menjadi busana muslim yang bisa dipakai di segala suasana. Ya, Donggala memang memiliki tenun khas, yang telah ada sejak ratusan tahun silam. ''Saya ingin mempromosikan tenun Sulawesi yang belum banyak dikenal masyarakat saat ini,'' kata Nieta, Senin (21/5).

Kain yang dibuat dari mesin tenun sederhana itu memiliki motif beragam, antara lain motif bunga mawar, bunga anyelir, dan bunga subi. Di tangan Nieta, kain tenun itu dibuat celana panjang berserut, juga outer dengan ekor menjuntai yang cocok dikenakan saat acara formal.

Nieta menggunakan warna dominan biru, juga hijau muda, yang menghasilkan rangkaian koleksi bernuansa elegan, feminin dan charming.

Ada yang menarik dari kain tenun khas Donggala ini. Digambarkan, kain ini tidak mendiskriminasi status sosial pemakainya. Tenun ini dapat dikenakan segala kelas sosial, diaplikasikan beragam gaya, baik oleh orang biasa maupun tokoh publik, orang dewasa maupun anak-anak.

Hal ini menggambarkan bahwa Sulawesi Tengah memiliki budaya egaliter. Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara pun mendukung penuh pagelaran ini dengan menyediakan seluruh kain tenun Donggala untuk Nieta. (dew)

 


TOPIK BERITA TERKAIT: #fashion 

Berita Terkait

Fall Winter 2018 yang Customizes

Fashion

Kate Middleton Kalahkan Meghan Markle Sebagai Kiblat Fashion

Internasional

Cottonink Sesuaikan dengan Selera Wanita Zaman Now

Fashion

Cerita di Balik Viral dan Larisnya Penjualan Kaus 7.0 SR

Nusantara

IKLAN