Minggu, 18 November 2018 04:48 WIB
pmk

Kesehatan

Ini Perawatan Medis Berkualitas Tinggi dengan Invasif Minimal

Redaktur: Ali Rahman

INDOPOS.CO.ID - KAIKOUKAI Group yang mengembangkan pengobatan medis dan perawatan di Indonesia dan Jepang menyediakan KAIKOUKAI JAPAN Medical Tourism (KJMT) yang merupakan perawatan medis berkualitas tinggi dengan invasif minimal.

Wisata medis bagi masyarakat Indonesia ini difokuskan pada pengobatan medis mutakhir yang hanya terdapat di institusi medis terbatas di Jepang. Terapi ultrasound terfokus (FUS) untuk tremor esensial (gemetar yang penyebabnya tidak diketahui) dan pemeriksaan kesehatan yang menggunakan PET-CT juga ditambahkan sebagai pilihan baru dalam wisata medis ini.

Metode Pengobatan Baru Untuk Tremor Esensial: Terapi Ultrasound Terfokus (FUS)

Tremor esensial adalah penyakit yang membuat tangan gemetar dengan penyebab yang tidak diketahui. Gejala ini banyak ditemukan di usia paruh baya dan merupakan penyakit yang mudah ditemui karena 1 dari 10-20 orang berusia lebih dari 65 tahun dapat mengalami gejala ini. Gemetar yang parah akan mengganggu kehidupan sehari-hari seperti tidak dapat menulis dan tidak dapat memegang mangkuk atau gelas.

Menurut dokter ahli syaraf RS Bethsaida, Puspasari, esensial tremor umumnya membuat penderita kesulitan melakukan beberapa aktivitas rutin. Seperti menulis, mengetik, hingga olahraga. Karena penyakit tersebut dapat menyerang pada usia yang masih produktif, yakni mulai 40 tahun, umumnya esensial tremor menjadi lebih mengganggu dan menurunkan produktivitas dibandingkan parkinson yang menyerang lansia.

Beberapa cara pengobatan dapat dilakukan untuk mengobati esensial tremor, di antaranya dengan terapi obat oral. Namun, cara itu tidak akan dapat secara total menghilangkan kondisi getaran, hanya meringankan gejala.

“Kalau memang mau sepenuhnya dihilangkan harus melalui pembedahan atau dengan terapi ultrasound terfokus (FOU), tetapi terapi ultrasound belum ada di Indonesia. Harus ke beberapa negara maju seperti Jepang,” ujar Puspasari dalam acara KAIKOUKAI Japan Medical Tourism, di Jakarta, (22/5).

Umumnya pengobatan tremor esensial membutuhkan operasi. Namun terapi ultrasound terfokus (FUS) yang dikembangkan dalam beberapa tahun terakhir adalah pengobatan yang tidak menggunakan pisau bedah. Terapi ini menggunakan gambar MRI untuk menentukan posisi pengobatan secara presisi atau tepat dan memusatkan gelombang ultrasound pada satu bagian otak yang akan dilakukan ablasi termal. Terapi dapat dilakukan sambil mengamati kondisi pasien sehingga terapi dapat segera dihentikan apabila terjadi keanehan seperti efek samping.

Beban terhadap fisik pasien juga kecil karena masa terapi dan rawat inapnya yang singkat, sehingga pasien pun dapat segera kembali ke kehidupannya. Di Asia, peralatan medis ini hanya ada di Jepang.

Fitur KAIKOUKAI JAPAN Medical Tourism

Selain teknologi medis yang mutakhir, KAIKOUKAI Clinic Senayan yang menjadi basis KJMT di Jakarta menyediakan layanan untuk membantu perjalanan dan perawatan secara menyeluruh sebagai berikut;

Visa medis

Pasien dan pendamping pasien dari luar Jepang perlu memperoleh visa medis untuk dapat menjalani perawatan di Jepang. Pada saat mengajukan visa memerlukan penjamin dan surat keterangan rencana pemeriksaan dari institusi medis. KAIKOUKAI bekerja sama dengan koordinator pertukaran medis internasional sehingga dapat memberikan dokumen permohonan yang diperlukan untuk mengurus visa medis di satu tempat.

Keberadaan staf orang Indonesia

Staf orang Indonesia akan bertugas sebagai penerjemah. Selain itu, di setiap fasilitas KAIKOUKAI Group terdapat perawat Indonesia bersertifikat Jepang sehingga pasien dapat fokus dalam menjalani perawatannya dengan tenang. (*)


TOPIK BERITA TERKAIT: #kesehatan #kaikoukai 

Berita Terkait

Jangan Biarkan Kanker Meredupkan Mimpi

Jakarta Raya

Hampir Capai Seratus Persen

Jakarta Raya

Anak Sering Mual dan Muntah, Waspadai Ginjal

Jakarta Raya

Radang Sebabkan Gigi Cepat Ompong

Jakarta Raya

Kuncinya, Gizi Seimbang Ditambah Susu

Jakarta Raya

Dehidrasi Sebabkan Batu Ginjal

Jakarta Raya

IKLAN