Rabu, 14 November 2018 12:35 WIB
pmk

Internasional

Studio Film Replika DMZ yang Ramai Dikunjungi Pasca-KTT Inter-Korea

Redaktur:

INDOPOS.CO.ID - PERTEMUAN bersejarah antara Pemimpin Tertinggi Korut Kim Jong-un dan Presiden Korsel Moon Jae-in 27 April lalu membawa euforia dan harapan baru. Ratusan penduduk berdatangan ke replika DMZ milik KOFIC Namyangju Studio untuk sekadar meniru pose dua petinggi negara tersebut.

Hwang Song-joon tersenyum lebar. Tangannya terjulur ke seberang. Seorang kawannya yang bertubuh bongsor menyambut tangan Hwang. Sesaat mereka bersalaman. Kawannya yang lain mengabadikan momen tersebut dengan bidikan kamera telepon pintar. Cekrik... cekrik, siap diunggah ke Instagram.

Hwang dan kawan-kawannya sedang berada di Joint Security Area (JSA) di zona demiliterisasi (DMZ). Bukan JSA betulan yang terletak di Desa Panmunjom. Tapi di lokasi syuting milik KOFIC Namyangju Studio di Provinsi Gyeonggi. Letaknya sekitar 48 kilometer di sisi tenggara Panmunjom.

Mereka menirukan pose fenomenal Kim Jong-un dan Moon Jae-in saat bertemu di Panmunjom, 27 April. Jong-un menjadi pemimpin pertama Korut yang melangkahkan kakinya melewati garis demiliterisasi dan menuju wilayah Korsel. Hwang yang bertubuh kurus pura-pura menjadi Presiden Moon dan temannya yang agak tambun tadi menjadi Jong-un.  

”Sebelum KTT Inter-Korea itu saya pikir Kim Jong-un adalah orang yang kasar dan pemimpin yang otoriter. Tapi, setelah pertemuan, dia menghapus prasangka saya,’’ ujar siswa SMA tersebut seperti dilansir ABC News.

Kini Hwang menganggap Jong-un adalah pria biasa yang kadang juga tersenyum seperti orang normal pada umumnya. Pandangan penduduk Korsel memang berubah sejak pertemuan itu. Bahkan, dalam poling yang digelar MBC TV baru-baru ini, 78 persen responden meyakini bahwa Jong-un bisa dipercaya.

Replika milik KOFIC Namyangju Studio itu dibuat pada 1998 untuk syuting film J.S.A: Joint Security Area. Di situ ada beberapa bangunan persegi ikonik berwarna biru langit seperti bendera PBB. Ciri khas JSA. Di lahan seluas 1,3 kilometer persegi itu juga terdapat tiruan Freedom House milik Korsel dan Panmun-gak Pavilion-nya Korut.

’’Ini tampak sangat mirip dengan Panmunjom yang asli. Begitu mirip. Saya sampai bertanya pada guru, apakah kita ini sedang di Panmunjom,’’ ujar Kang Ju-hee, salah seorang siswa yang berkunjung ke KOFIC Namyangju Studio.

Pertemuan antara Jong-un dan Moon membangkitkan harapan tentang perdamaian. Bagi penduduk Korsel yang jauh lebih modern, perseteruan dengan Korut membawa tekanan tersendiri. Sebab, semua laki-laki harus menjalani wajib militer selama dua tahun agar siap jika perang kembali pecah.

Uji coba misil dan senjata nuklir Pyongyang juga membuat penduduk sport jantung. Perdamaian, tentu saja, menjadi mimpi semua orang. ”Momen saat dua pemimpin itu berjabat tangan begitu menyentuh. Saya harap suasana damai ini akan bertahan lama,” tegas James Jang, salah seorang pengunjung.

Sejak pertemuan itu digelar, warga Korsel ramai-ramai memesan tur ke DMZ. Tapi, tur ke tempat tersebut tak bisa dilakukan setiap hari. Hanya 1–2 kali per pekan. Itu pun ada batas maksimal jumlah pengunjungnya. Belum lagi prosedurnya rumit dan ketat. Hingga enam bulan ke depan, kuota tur ke DMZ sudah penuh.

Sebagai alternatif, penduduk yang ingin berfoto-foto akhirnya berkunjung ke studio luar ruang milik  KOFIC Namyangju Studio tersebut. Di wilayah JSA, DMZ yang asli, pengunjung hanya bisa melihat area jabat tangan Jong-un dan Moon dari jauh.

Nah, di replikanya, KOFIC Namyangju Studio, mereka diberi kesempatan untuk mencicipi menjadi Kim Jong-un dan Moon Jae-in selama beberapa menit. Mereka bebas berfoto-foto dari berbagai sudut. Termasuk berdiri di garis demiliterisasi yang tingginya hanya sejengkal. Pengunjung juga tak bisa lama-lama berpose di area tersebut. Antreannya sangat banyak.

KOFIC Namyangju Studio tak menarik biaya sepeser pun. Tapi, pengunjung harus bergegas. Sebab, pada akhir Mei nanti, studio replika JSA itu akan dibongkar. Mereka akan pindah ke studio baru di Busan. (sha/c19/dos)


TOPIK BERITA TERKAIT: #korsel #korea-utara 

Berita Terkait

Kim Jong Un Punya Lukisan Wajah Pertama

Internasional

Dua Korea Kompak Sapu Ranjau

Internasional

Dua Pemimpin Korea Ziarah Kubur Bersama

Internasional

Dua Pemimpin Korea Ziarah Kubur Bersama

Internasional

AS dan Korsel Jadwalkan Lagi Latihan Perang, Korut Berang

Internasional

IKLAN