Rabu, 19 September 2018 03:18 WIB
pmk

Nasional

Menko Perekonomian Optimistis Perry Mampu Pimpin BI

Redaktur: Ali Rahman

Gubernur Bank Indonesia yang baru, Perry Warjiyo.

INDOPOS.CO.ID - Bank Indonesia (BI) resmi dipimpin Perry Warjiyo. Pria kelahiran Sukoharjo tersebut, Kamis (24/5) telah melakukan sumpah jabatan Gubernur BI di Mahkamah Agung, Jakarta. Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution, optimistis Perry mampu memimpin BI dengan baik serta dapat bekerjasama dengan pemerintah.

"Ini menarik. Artinya sudah lama sebenarnya BI itu dipimpin orang dari luar. Bukan orang dari dalam. Sekarang ini menariknya orang dari dalam. Pejabat karir. Jadi sudah ngelotok," ujar Darmin, usai menghadiri sumpah jabatan Gubernur BI di Gedung Mahkamah Agung, Kamis (24/5).

Dalam artian lanjut Darmin, Gubernur BI yang baru itu sekolahnya juga moneter. Jadi sebenarnya komplit, selain pejabat karir juga ilmunya terkait moneter.

"Selain itu dia bukan sekedar monetering. Dia (Perry) juga punya perhatian pada UKM. Di dalam BI pun dia orang yang punya perhatian terhadap pegawai," jelas Darmin.

Karena itu, ia melihat kerjasama antara pemerintah dan BI akan makin lancar. Sementara itu, Gubernur BI yang baru, Perry Warjiyo siap bekerjasama dengan pemerintah dan stakeholder terkait. Serta berkoordinasi dengan kalangan perbankan.

Untuk program jangka pendeknya, ia akan mempriotaskan stabilitas nilai tukar rupiah. Hal itu disampaikannya usai melakukan Sumpah Jabatan di Kantor Mahkamah Agung, Kamis (24/5). Saat ini, kurs mata uang Garuda sudah menembus Rp 14 ribu per dollar Amerika.

"Program jangka pendek memperkuat rupiah. Bagaimana langkah-langkah untuk bisa segera menstabilkan nilai tukar rupiah. Itu prioritas kami dalam jangka pendek," ujar Perry, Kamis (24/5).

Perry merupakan alumnus UGM, Fakultas Ekonomi (1977-1982). Ia juga mendapatkan gelar MSc dari Iowa State University, USA (1986-1989). Di sana mengambil jurusan Department of Economics. Pada 1989-1991 menempuh pendidikan di Iowa State University, USA untuk mengambil gelar PhD. Di sana ia mengambil jurusan Department of Economics, Spesialisasi : Monetary and International Economics. Sebelum menjabat Gubernur BI, Perry sebelumnya menjabat sebagai Deputi Gubernur Bank Indonesia. Sempat juga menjabat Direktur Eksekutif IMF pada 2007-2009. (dai)


TOPIK BERITA TERKAIT: #gubernur-bi-perry-warjiyo #menko-perekonomian-darmin-nasution #pelantikan-gubernur-bi 

Berita Terkait

IKLAN