Jumat, 21 September 2018 10:57 WIB
pmk

Liga Champions

Adu Strategi Mainz Connection vs French Connection di Final Liga Champions

Redaktur:

Pelatih Liverpool, Juergen Klopp.

INDOPOS.CO.ID - Di balik keharuman nama Zinedine Zidane bersama Real Madrid dan Juergen Klopp di Liverpool terdapat sosok-sosok tak terlihat yang bekerja keras. Kecocokan kerja sama di periode sebelumnya membuat Zidane dan Klopp mempercayai sosok-sosok tersebut.

Asisten pertama Zidane David Bettoni sudah dikenalnya sejak keduanya bermain untuk tim junior Cannes antara 1986-1989. Bettoni kemudian menjadi orang kepercayaan Zidane ketika bapak empat anak itu menjadi pelatih Real Castilla pada 2014. Saat Zidane naik pangkat jadi pelatih Real menggantikan Rafael Benitez 4 Januari 2016 lalu, Bettoni ikut dalam gerbong tersebut.

Selain Bettoni, orang kepercayaan Zidane lain yang juga berkebangsaan Prancis adalah asisten kedua Hamidou Msaidie. Msaidie semula bekerja di Federasi Sepak Bola Prancis (FFF) dan bergabung dengan Zidane berbarengan dengan Bettoni pada Januari 2016. Msaidie dikenal memiliki kemampuan merehabilitasi atlet cedera dengan latar belakang keilmuan medis keolahragaan.

Melengkapi Bettoni dan Msaidie, Zidane pun merekrut Antonio Pintus sebagai bagian dari French connection di Real. Pintus adalah pelatih kebugaran Zidane saat di Juventus. Dibandingkan Bettoni dan Msaidie maka Pintus datang belakangan atau musim panas 2016.   “Pintus memberikan materi lari jarak jauh untuk membentuk kebugaran pemain Real. Dan Zidane memberikan dukungan 100 persen untuk setiap materi latihan non teknis buat pemainnya,” tulis Marca.

Kalau Zidane membangun jejaring kepercayaan dengan patner kerja asal Prancis maka tactician Liverpool Juergen Klopp membawa 'pasukan' dari Jerman. Lebih tepatnya klub yang jadi titik awal karirnya yakni Mainz 05.

Sebelum mengundurkan diri karena alasan pribadi asisten pertama Klopp yakni Zeljko Buvac sudah menemaninya sejak di Mainz. Pun demikian dengan asisten keduanya Peter Krawietz. Staf lain yang juga pernah bergabung dengan Mainz adalah fisioterapis tim Christopher Rohrbeck. 

Nah, aroma Jermanisasi kian kental di skuad Liverpool dengan dua nama yang berkebangsaan Jerman dan sebelumnya bekerja untuk Bayern Muenchen. Yakni Andreas Kornmayer (pelatih fisik) dan Mona Nemmer (ahli nutrisi tim). (dra)


TOPIK BERITA TERKAIT: #liga-champions #liverpool #real-madrid 

Berita Terkait

Morata Bisa Ikuti Idolanya

Liga Champions

Penggoda Hati Sarri

Liga Champions

Jamu Roma, Madrid Tunggu Teka-teki Lopetegui

Liga Champions

Jamu Roma, Madrid Tunggu Teka-teki Lopetegui

Liga Champions

IKLAN