Rabu, 17 Oktober 2018 04:59 WIB
pmk

makanmakan

Cendol Ala Aston

Redaktur:

Foto : Istimewa

INDOPOS.CO.ID - Minuman cita rasa nusantara khas santan kelapa tersaji di Suasana Restaurant, Aston At Kuningan Suites, Jakarta. Yap, cendol merupakan minuman khas Sunda yang terbuat dari tepung hunkwe, disajikan dengan es serta gula merah cair dan santan. Rasa minuman ini manis dan gurih. Di daerah Sunda minuman ini dikenal dengan nama cendol sedangkan di Jawa Tengah dikenal dengan nama es dawet.

Berkembang kepercayaan populer dalam masyarakat Indonesia bahwa istilah "cendol" mungkin sekali berasal dari kata "jendol", yang ditemukan dalam bahasa Sunda, Jawa, dan Indonesia. Itu merujuk pada sensasi jendolan yang dirasakan ketika butiran cendol masuk ke mulut kala meminum es cendol tersebut.

Cendol ala Aston menggunakan bahan tepung hunkwe, daun suji, dan daun pandan. Perbandingan daunnya sendiri menggunakan daun suji 1:4 daun pandan. Proses masak sama pada umumnya, yakni merebus seluruh bahan, kemudian dicentak sesuai ukuran.

“Sengaja menggunakan tepung hunkwe karena lebih kenyal dan lembut di lidah,” terang Executive Chef, Ghofur Basoeky kepada Indopos, Rabu (23/5). Diklaim bila menggunakan tepung beras cendol akan terasa keras, sehingga kurang bersahabat dengan lidah.

Tepung tadi diolah dengan diberi pewarna hijau dari daun suji dan pandan. Proses cetaknya melalui saringan khusus, sehingga berbentuk buliran. Pewarna yang digunakan adalah pewarna alami dari daun pandan dan suji sehingga hijau natural.

“Setelah bahan selesai diolah, maka disaring ke air dingin, sehingga cendol beku dan bentuknya sama rata,” sebutnya. Sementara untuk pemanisnya, menggunakan gula merah dan santan kelapa asli. Sehingga memunculkan rasa gurih dan manis kental di lidah.

“Bila biasanya es yang digunakan adalah es parut atau serut, kami menggunakan es utuh. Sehingga dinginnya lebih terjaga. Kemudian rasa manisnya bisa bertahan lama. Bila menggunakan es yang serut, rasa khasnya akan hilang, karena akan didominasi air dari es,” pungkasnya. (asp)


TOPIK BERITA TERKAIT: #cendol-ala-aston #makan-makan 

Berita Terkait

Asam Manis Penggugah Selera

makanmakan

Seafood Bambu Yang Mengoda

makanmakan

Kongkow Asyik dengan Menu Asia dan Western

makanmakan

Sup Ikan Be Sanur Menyempurnakan Liburan di Bali

Lifestyle

IKLAN