Selasa, 13 November 2018 10:05 WIB
pmk

Nasional

Zulhas Ingin ICMI jadi Perekat Dua Kubu Politik Berseberangan di Indonesia

Redaktur: Ali Rahman

Suasana Buka Bersama Para Pengurus ICMI dengan Ketua MPR RI Zulkifli Hasan. Foto: Jaa Rizka Pradana/Indopos.

INDOPOS.CO.ID - Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) menggelar buka bersama di Rumah Dinas Ketua MPR RI Zulkifli Hasan (Zulhas) di kawasan Widya Chandra, Jakarta Selatan, Jumat (25/5).

Silaturahmi ini dihadiri oleh beberapa tokoh seperti eks-Ketua MPR Amien Rais, Cendekiawan muslim Azyumardi Azra, Siti Zuhro dan para pengurus ICMI lain.

Dalam kesempatan itu, Zulhas yang menjabat sebagai Ketua Dewan Pakar ICMI menginginkan agar wadah para cendekiawan tersebut bisa mengoptimalkan perannya untuk merekatkan ke-bhineka-an dan merajut kebangsaan.

"Saya kira di bulan Ramadan ini, ICMI harus berfungsi merekatkan umat Islam dengan umat beragama dan antar komponen bangsa," ucap Ketua MPR RI itu.

Menurutnya, apabila silaturahmi diperbesar dengan dibarengi dialektika gagasan ekonomi, keadilan serta masa depan Indonesia, Zulhas yakin ICMI bisa berperan secara intelektual memajukan Indonesia. Terlebih, di tahun politik yang membuat adanya dua kubu di negeri ini.

"Tentu seperti sekarang ini bisa kita perkuat kembali. Jangan sampai ada dua kubu, satu ganti presiden satunya  lanjutkan, udah gitu berantam. Nah ini yang harus ICMI rekatkan," tegasnya.

Selanjutnya Zulhas mengingatkan peran ICMI yang turut serta merajut kebangsaan di masa orde baru, di mana rezim saat itu Soeharto terlihat berjarak dengan umat Islam. Namun ICMI hadir sebagai jembatan yang menghubungkan keduanya.

"Inget zaman dulu, jaraknya agak renggang dengan umat Islam tapi ICMI hadir disitu. Sehingga dikenallah hubungan yang lebih harmonik. Dari hubungan jauh, renggang dan terjadilah hubungan harmonis (Soeharto) dengan umat Islam," pungkasnya. (jaa)

 


TOPIK BERITA TERKAIT: #zulkifli-hasan #mpr-ri #icmi #rekatkan-kebhinekaan 

Berita Terkait

IKLAN