Rabu, 26 September 2018 03:55 WIB
pmk

Nasional

Terapkan SAKIP, Efisiensi Anggaran Tembus Rp 41,15 Triliun

Redaktur: Ali Rahman

Menteri PANRB, Asman Abnur (kiri) menjelaskan soal penerapan SAKIP saat menjadi pembicara pada diskusi yang digelar di Kantor Kepala Staf Kepresidenan, Jumat (25/5).

INDOPOS.CO.ID - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) terus memacu penerapan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP).

Itu dilakukan agar setiap instansi dapat mempertanggungjawabkan hasil atas penggunaan anggaran, menetapkan ukuran dan target kinerja yang jelas, serta menghemat anggaran melalui kegiatan yang berdampak langsung pada pencapaian sasaran pembangunan.

“Melalui penerapan SAKIP, beberapa kementerian/lembaga, provinsi, dan kabupaten/kota, telah terjadi efisiensi anggaran yang luar biasa, yaitu mencapai Rp 41,15 triliun,” sebutnya di Kantor Kepala Staf Kepresidenan, Jakarta, Jumat (25/5).

Selain itu, untuk terus mendorong akuntabilitas kinerja, tahun 2017 telah dilakukan penyelarasan sistem perencanaan, penganggaran dan informasi kinerja di seluruh kementerian/lembaga dengan memanfaatkan aplikasi krisna. “Ini kolaborasi dari tiga kementerian. Kementerian PANRB, Bappenas, dan Kementerian Keuangan,” katanya.

“Kalau untuk pemerintah daerah, sedang dilakukan pendampingan penerapan aplikasi SEPAK@T kepada sekitar 21 pemerintah provinsi dan kabupaten/kota. Rencananya akan bertambah lagi sekitar 370 pemerintah daerah,” sambungnya.

Sementara, untuk peningkatan budaya anti korupsi, ia mengatakan saat ini terdapat 109 unit kerja Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan 18 unit kerja Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM). Dua unit kerja ini akan dijadikan role model untuk unit kerja lainnya.

“Sedangkan tahun ini (2018), pembangunan zona integritas fokus pada institusi penegak hukum seperti polres, kejaksaan negeri (kejari), pengadilan negeri (PN), dan pengadilan tinggi (PT),” tuturnya. (iwk)


TOPIK BERITA TERKAIT: #sistem-akuntabilitas-kinerja-instansi-pemerintah #kementerian-panrb #menteri-panrb-asman-abnur #reformasi-birokrasi 

Berita Terkait

IKLAN