Rabu, 26 September 2018 12:17 WIB
pmk

Internasional

Setelah 37 Tahun, Tiga Sejarah Dunia Terulang di 2018

Redaktur: Redjo Prahananda

MEMPESONA - Pangeran Harry, dan istrinya, Meghan Markle, meninggalkan Kapel St George setelah upacara pernikahan mereka di Kastil Windsor, di Windsor, Sabtu (19/5). AFP PHOTO/POOL/JONATHAN BRADY

INDOPOS.CO.ID - Pepatah Perancis, le histoire se repete, berarti sejarah akan berulang, kembali terbukti. Kejadian di 1981 kembali terulang pada 2018, atau setelah 37 tahun.

Sejarah pertama, pernikahan kerajaan Inggris. Dunia menyorot Royal Wedding Pangeran Charles menikahi Lady Diana Spencer, pada Rabu (29/7) 1981, di Katedral St Paul.

Tahun ini, sejarah itu terulang ketika Pangeran Harry dan Meghan Markle menikah di St George's Chapel atau Kapel St George di Kastil Windsor, Sabtu (19/5). Pangeran Harry merupakan putra bungsu pasangan Pangeran Charles dan mendiang Putri Diana.

Fakta kedua, datang dari perdana menteri Mahathir Mohamad. Kala itu, Mahathir pertama kali menjabat pada 16 Juli 1981. Kala itu, dia masih berusia 56 tahun. Kini, di usia 92 tahun, pemimpin koalisi oposisi Pakatan Harapan itu kembali menduduki posisi sebagai perdana menteri ket-7 Malaysia, Kamis (10/5)

Setelah memerintah selama 22 tahun, membuat Mahatir menyandang status sebagai perdana menteri dengan masa jabatan terlama di Malaysia. Bahkan menjadi pemimpin terpilih tertua di dunia sekarang.

Fakta terakhir, Final Liga Champions. Madrid melawan Liverpool.  Pertemuan dua raksasa Eropa itu, bukanlah kali pertama. Kedua kubu Sempat bersua di edisi 1980-1981 pada 27 Mei. Kala itu kompetisi masih bernama Piala Champions. Partai ini berlangsung di Parc des Princes, Paris.

Liverpool keluar sebagai pemenang dalam laga bersejarah ini dengan skor 1-0. Melalui gol tunggal Alan Kennedy pada menit 82. Kemenangan ini membuat wakil Inggris menyandang status sebagai ‘Raja Eropa’ lima kali beruntun.

Namun saat tim tersebut bertemu sekali lagi di Final Liga Champions 2018, di Ukraina. Real Madrid merengkuh gelar juara, setelah menumbangkan Liverpool 3-1 melalui 2 gol Gareth Bale masing-masing di menit ke 64 dan 83 di babak kedua. Satu gol dari Karim Benzema di menit 51. Sedangkan, 1 gol Liverpool disumbangkan Sadio Mane. (mar)


TOPIK BERITA TERKAIT: #internasional #liga-champions #mahathir-mohamad 

Berita Terkait

Morata Bisa Ikuti Idolanya

Liga Champions

Penggoda Hati Sarri

Liga Champions

Jamu Roma, Madrid Tunggu Teka-teki Lopetegui

Liga Champions

Inter Milan Coret Tiga Pemain untuk Liga Champions

Liga Champions

Mahathir Minta Bantuan Tiongkok

Internasional

IKLAN