Rabu, 26 September 2018 10:04 WIB
pmk

Nasional

Gaji Megawati Melebihi Jokowi, Indef: Tidak Proporsional

Redaktur: Ali Rahman

Megawati Soekarnoputri.

INDOPOS.CO.ID - Direktur Eksekutif Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Enny Sri Hartati menilai gaji Megawati Soekarnoputri sebagai Ketua Dewan Pengarah BPIP tidak proporsional.

Sebab, gajinya melebihi uang bulanan yang diterima Jokowi sebagai presiden. Mantan Walikota Solo itu hanya sebesar Rp 62.740.030. Sedangkan gaji Megawati sebesar Rp 112 juta.

"Bandingkan aja dengan gaji presiden, gaji presiden berapa? kurang dari 100 juta. Itu kan jelas gitu loh," ungkap Eny saat dihubungi INDOPOS di Jakarta, Senin (28/5).

Ia menegaskan, kendati Presiden Jokowi berwenang menetapkan gaji, akan tetapi dalam struktur kepegawaian mekanisme standar baku. Kata Eny, itu mestinya kewenangan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) dan Kementerian Keuangan. "Karena ini berasal dari APBN, tentu mestinya ketetapannya ada di Menpanrb dan Menkeu disana dan mestinya proporsional," paparnya.

Eny menegaskan bahwa kebijakan gaji selangit tersebut harus didasarkan pada asas pokok proporsional yang jelas.

Selain itu, kebijakan tersebut juga harus melihat pada beberapa lembaga yang kedudukannya sama atau setara dengan BPIP. "Ini kan ada beberpa lembaga yang setara, yang membatu presiden misalnya Wantimpres, Komite Ekonomi Industri Nasional dan lembaga sejenis lain. Nah itu saja yang mestinya disamakan, artinya ada standar baku dalam penetapan gaji," pungkasnya. (jaa)


TOPIK BERITA TERKAIT: #institute-for-development-of-economics-and-finance-indef #enny-sri-hartati #gaji-megawati-di-bpip #badan-pembinaan-ideologi-pancasila 

Berita Terkait

IKLAN