Jumat, 21 September 2018 05:31 WIB
pmk

Total Sport

Enam Atlet Modern Pentathlon Berguru ke Korea

Redaktur: Ali Rahman

Jajaran Pengurus PP MPI berfoto bersama usai memberikan arahan kepada Timnas Modern Pentathlon yang akan melakukan training camp di Korea Selatan.

INDOPOS.CO.ID - Enam atlet modern pentathlon yang menghuni Pelatnas Asian Games 2018, akan menjalani training camp di Seoul, Korea Selatan. Keenam atlet tersebut yakni, Yusri, Frada Saleh Harahap dan M Taufik di sektor putra. Kemudian Dea Salsabila, Adrianida Irma Saleh serta Maharani Azhri Wahyuningtyas di sektor putri. Selama di Korea hingga 7 Juni nanti, para atlet akan didampingi tim pelatih yakni Glen, Ema Malahavari dan Abdul Kholik.

Ketua Umum PP Modern Pentathlon Indonesia (MPI), Anthony C Sunarjo berharap para atlet memanfaatkan kesempatan training camp ini secara optimal. “Dengan training camp itu berarti diharapkan ada peningkatan kualitas. Kalian harus berlatih giat dan keras untuk mendapatkan hasil yang lebih baik,” kata Anthony kepada media di Jakarta, Senin (28/5).

Ini akan menjadi training camp pertama bagi enam atlet modern pentathlon ini selama menjalani pelatnas. Sebelumnya mereka berlatih di ragunan, dan dalam sebulan terakhir berlatih di APM Tigaraksa Tangerang Banten, yang akan digunakan sebagai venue modern pentathlon Asian Games 2018.

Modern pentathlon merupakan gabungan dari lima disiplin olahraga. Yaitu berkuda, anggar, renang, menembak dan lari. Sistem pemberian poin setiap nomor juga berbeda. Pada lomba berkuda, peserta akan berlomba di nomor jumping melewati berbagai rintangan.

Pada nomor anggar, setiap atlet akan saling bertarung dan harus mencetak poin terbanyak dalam satu menit. Kemudian nomor renang mempertandingkan gaya bebas 200 m, semakin cepat dari batas waktu standar yang diberikan, semakin banyak pula poin yang diraih. Kemudian terakhir adalah Laser Run atau gabungan dari lari sejauh 3 km dan diselingi adu kecepatan menembak di jarak 10 m rifle.

Sekjen MPI, Merari Nainggolan menambahkan, keenam atletnya terus ditempa agar bisa meraih hasil maksimal di Asian Games 2018. Saat ini, atlet terutama digenjot untuk skill bertanding nomor anggar dan berkuda yang relatif masih lemah dibanding nomor lainnya.

Dari enam atlet Pelatnas modern Pentathlon, nantinya akan dipilih 4 atlet, 2 putra dan 2 putri yang akan berlaga di Asian Games 2018. “Sebagai ajang ujicoba, kita juga akan kirim atlet ke Dutch Open Coubertin Cup 2018 di Amhem pada 26 Juni sampai 2 Juli mendatang,” kata Merari. (bam)

 


TOPIK BERITA TERKAIT: #modern-pentathlon #anthony-c-sunarjo #modern-pentathlon-indonesia 

Berita Terkait

IKLAN