Senin, 19 November 2018 08:13 WIB
pmk

Headline

Gaji Selangit Dewan Pengarah, Yudi Latif: Silakan Publik Menilai

Redaktur: Syaripudin

PELANTIKAN-Yudi Latif saat dilantik menjadi Kepala Unit Kerja Presiden Pancasila di Istana Negara. Foto: dok jpg

INDOPOS.CO.ID - Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Yudi Latif buka suara mengenai polemik gaji para jajaran sejumlah dewan pengarah di BPIP yang nilainya dianggap fantastis.

Ia mengatakan, publik harus percaya terhadap dewan pengarah BPIP yang merupakan para orang tua terhormat yang tidak menuntut soal gaji. ”Mereka pun menjadi 'korban'. Jadi, tak patut mendapat cemooh," ucap Yudi dalam keterangan tertulis yang diterima INDOPOS di Jakarta, Selasa (29/5).

Dia juga menuturkan, hal yang sama juga berlaku di jajaran para pelaksana BPIP yang ia pimpin. Kata Yudi, tidak ada yang menghiraukan soal besaran gaji. Ia sendiri sebagai Kepala BPIP mengaku tidak mempersoalkan besaran gaji, meskipun menurut perpres, posisi BPIP setingkat dengan menteri, sebagaimana Ketua Dewan Pengarah BPIP.

"Pertanyaannya, apakah sejumlah Dewan Pengarah BPIP pantas menerima gaji sebesar itu? Silakan publik menilainya," pungkasnya.

Untuk diketahui, polemik gaji sejumlah Dewan Pengarah BPIP mencuat setelah beredarnya salinan Perpres Nomor 42/2018 tentang Hak Keuangan dan Fasilitas Lainnya Bagi Pemimpin, Pejabat, dan Pegawai Badan Pembinaan Ideologi Pancasila yang ditandatangani Presiden Jokowi pada Rabu (23/5) lalu.

Perpres itu menuai polemik karena gaji para anggota Dewan Pengarah BPIP yang nilainya ratusan juta rupiah tiap bulannya. Seperti Megawati yang menjabat Ketua Dewan Pengarah BPIP digaji Rp 112.548.000. Kontan gaji yang selangit itu membuat berbagai pihak berkomentar.

Ada yang setuju tapi lebih banyak yang tidak setuju hingga akhirnya terjadi polemik. Sebagai informasi BPIP dikepalai oleh seorang eksekutif yakni Yudi Latif. Kemudian ada sembilan dewan pengarah, yang diketuai oleh Megawati Soekarnoputri.

Delapan anggota dewan pengarah lainnya yaitu Try Sutrisno, Ahmad Syafii Ma'arif, Said Aqil Siradj, Ma'ruf Amin, Muhammad Mahfud MD, Sudhamek, Andreas Anangguru Yewangoe dan Wisnu Bawa Tenaya. Adapun gaji Megawati dan pejabat BPIP lain diatur lampiran Perpres Nomor 42/2018 sebagai berikut:

1. Ketua Dewan Pengarah : Rp 112.548.000

2. Anggota Dewan Pengarah : Rp 100.811.000

3. Kepala BPIP : Rp 76.500.000

4. Wakil Kepala BPIP : Rp 63.750.000

5. Deputi BPIP : Rp 51.000.000

6. Staf Khusus BPIP : Rp 36.500.000‎. (jaa)

 


TOPIK BERITA TERKAIT: #badan-pembinaan-ideologi-pancasila #yudi-latif #polemik-gaji-dewan-pengarah-bpip #yudi-latif 

Berita Terkait

IKLAN