Nasional

Respons Cak Imin soal Gaji Ratusan Juta Megawati

Redaktur: Redjo Prahananda
Respons Cak Imin soal Gaji Ratusan Juta Megawati - Nasional

INDOPOS.CO.ID - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar merespon polemik gaji anggota dan ketua dewan pengarah di Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP).

Nominal gaji anggota BPIP termasuk Ketua Umum, Megawati Soekarno Putri disebut-sebut menyentuh angka ratusan juta rupiah. Sejumlah pihak menilai, gaji BPIP pemborosan.

Cak Imin, sapaan Muhaimin meminta agar gaji Megawati itu jangan sampai menimbulkan  polemik. Bahkan dia melihat, Presiden Jokowi sudah melakukan berbagai pertimbangan dan kajian matang soal pembentukan BPIP.

Presiden Joko Widodo menandatangani Peraturan Presiden (Perpres) nomor 42 Tahun 2018 tentang Hak Keuangan dan Fasilitas lain bagi Pimpinan, Pejabat, dan Pegawai Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP).

"Presiden tentu tidak gegabah. Presiden pasti punya perhitungan sendiri, ketokohan, kefiguran dan prestasi fundamentalnya. Saya percaya Pak Jokowi sudah berfikir matang," ujar dia.

Cak Imin menyampaikan pesan itu dalam acara Parlemen Mengaji bersama anak yatim di Masjid Baiturrahman Kompleks Parlemen, Senayan, Selasa (29/5).

Mantan menteri tenaga kerja dan transmigrasi ini  menilai, sudah biasa kebijakan gaji ini menjadi pro dan kontra di tengah masyarakat. Namun dia menegaskan, Presiden Joko Widodo memiliki perhitungan cermat sebelum menentukan gaji anggota dan Ketua BPIP.

Presiden Jokowi menetapkan gaji Megawati dan pejabat BPIP lain diatur dalam Peraturan Presiden No 42/2018 tentang Hak Keuangan dan Fasilitas Lainnya bagi Pemimpin, Pejabat, dan Pegawai Badan Pembinaan Ideologi Pancasila. (aen)

Berikut ini daftar hak keuangan sesuai dengan lampiran Perpres Nomor 42/2018:

Ketua Dewan Pengarah mendapat hak keuangan Rp 112.548.000

Anggota Dewan Pengarah mendapat hak keuangan Rp 100.811.000

Kepala BPIP mendapatkan hak keuangan Rp 76.500.000

Wakil Kepala BPIP mendapatkan hak keuangan Rp 63.750.000

Deputi BPIP mendapatkan hak keuangan Rp 51.000.000

Staf Khusus BPIP mendapatkan hak keuangan Rp 36.500.000

Berita Terkait


Baca Juga !.