Jakarta Raya

UBL Terapkan Sistem Penomoran Ijazah Nasional

Redaktur:
UBL Terapkan Sistem Penomoran Ijazah Nasional - Jakarta Raya

INDOPOS.CO.ID - Acara wisuda dihadiri oleh Ketua Yayasan Pendidikan Budi Luhur Cakti, Kasih Hanggoro.MBA , Koordinator Kopertis Wilayah III Jakarta Prof. Illah Sailah, Wakil Menteri Luar Negeri RI  Dr.A.M.Fachir , Jajaran  Rektorat, Direktur Promosi dan Kerjasama Sunten Manurung, Direktur Kemahasiswaan Brury Trya Sartana, Direktur Keuangan UBL, Senat dan segenap Civitas Akademik Universitas dan Akademi Sekretari Budi Luhur serta seluruh tamu undangan dari Kepala Sekolah maupun Alumni.

Acara wisuda dipimpin oleh Rektor Universitas Budi Luhur, Prof. Dr. sc. agr. Ir. Didik Sulistyanto. menyampaikan berbagai prestasi dan aktifitas yang telah dan sedang dilakukan oleh Universitas Budi Luhur khususnya dalam Tridharma Perguruan Tinggi. Hal-hal tersebut antara lain: Universitas Budi Luhur memperoleh peringkat ke-113 dari 4356 Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta se-Indonesia pada April 2018 berdasarkan 4ICU ( 4 International Colleges and Universities)

Universitas Budi Luhur (UBL) Jakarta telah menerapkan pemberlakuan sistem Penomoran Ijazah Nasional (PIN) dan Sistem Informasi Verifikasi Ijazah Elektronik (SIVIL) bagi lulusannya. Dan wisuda saat ini merupakan wisuda yang  special karena 1082  wisudawan wisudawati 100 persen ijazahnya sudah memiliki PIN.

Hal itu diungkapkan Rektor Universitas Budi Luhur Prof. Dr. sc. agr. Ir. Didik Sulistyanto dalam acara Wisuda Magister, Sarjana, Ahli Madya Universitas dan Akademi Sekretari Budi Luhur di Jakarta Convention Center, Kamis (24/5).

Rektor mengatakan, ini semua mengacu pada imbauan dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) yang meminta perguruan tinggi menerapkan PIN paling lambat Mei 2018.

Artinya lulusan yang sudah memiliki PIN sudah diakui secara nasional tidak ada keraguan bahwa  lulusan ini betul-betul dari perguruan tinggi yang sudah terdaftar. Selain itu lanjutnya PIN ini dapat memudahkan untuk mendapatkan pekerjaan di tanah air dan luar negeri.

"Dengan memenuhi ketentuan tersebut, lulusan kami dapat telah memenuhi kredibilitas baik karena sudah diverifikasi konsistensinya dengan riwayat proses pendidikan di perguruan tinggi terdaftar dan pemenuhan atas standar nasional pendidikan tinggi,” kata Rektor.

Rektor Didik menjelaskan, dari 330 perguruan di Kopertis Wilayah III baru 3 PTS saja yang memiliki PIN seperti ini salah satunya adalah Universitas Budi Luhur. Nomor PIN ini diberlakukan di seluruh Indonesia mulai saat ini dengan uji coba hingga dua tahun kedepan .

Sedangkan untuk S1 FTI 192 orang, Sistem Informasi 230 orang, Fakultas Ekonomi dan Bisnis (Manajemen  104 orang dan Akutansi 134 orang), Fisip Ilmu Hubungan  Internasional 68 orang, Fakultas Tehnik dari Prodi Arsitektur 11 orang, Tehnik Elektro 9 orang, sedang dari Fikom 166 orang Dan 4 Ahli Madya wisudawan Astri Budi Luhur.

Wakil Meteri Luar Negeri  A.M. Fachir menggambarkan, jika Tuhan memperkenankan pada tahun 2045 tepat satu abad kemerdekaan Indonesia dengan 309 juta penduduk, Indonesia akan menjadi negara besar yang bermatabat dan disegani masyarakat Internasional.

Namun semua berpulang  pada kita semua bagaimana memanfaatkan hal tersebut terus berkarya bagi bangsa bagi masyarakat dan negara. How to make your self relevan, tanya Wamen. “welcom to the real world,” pungkasnya. (*/atr)

Berita Terkait

Nasional / KKN Siapkan Mahasiswa Miliki ini

kampus kreatif / Simulasikan Bali Democracy Forum

Jakarta Raya / UBL Gelar Maulid Nabi dan Charity Day


Baca Juga !.