Rabu, 20 Juni 2018 06:55 WIB
bjb idul fitri

makanmakan

Iga Rawon Jadi Pembeda Berbuka Puasa di Aston At Kuningan Suites

Redaktur:

IWAN TRI WAHYUDI/INDOPOS

INDOPOS.CO.ID – Anda penikmat rawon? Berbuka puasa di Suasana Restaurant, Aston At Kuningan Suites, Jakarta bisa jadi pilihan. Masakan khas Indonesia berupa sup daging berkuah hitam dengan campuran bumbu khas kluwek ini menjadi menu andalan. Dan yang paling istimewa, daging sapi yang digunakan merupakan daging iga.

Iga sapi atau rib merupakan bagian daging yang berasal dari sekitar tulang iga atau tulang rusuk. Bagian ini termasuk dari delapan bagian utama daging sapi yang biasa dikonsumsi. Seluruh bagian daging iga ini bisa terdiri dari beberapa iga, mulai dari iga ke-6 sampai dengan iga ke-12.

BACA JUGA : Viral! Install Aplikasi Lazada sekarang dapat Diskon Hingga 80% dan Gratis Ongkir Selama Ramadhan

“Sebelum dimasak iga sapi dipotong sebesar lima centimeter. Tujuannya, memudahkan proses pengempukan saat direbus juga dikonsumsi,” ujar Executive Chef Suasana Restaurant, Aston At Kuningan Suites, Jakarta, Ghofur Basoeky kepada Indopos belum lama ini.

Sajian khas nusantara jadi gambaran menu makanan yang mereka tawarkan di Suasana Restauran. Masakan Jawa dan Sulawesi pun mendominasi rangkaian varian yang ditawarkan, termasuk rawon.

Seperti diketahui, makanan yang identik berwarna hitam itu dikenal sebagai masakan khas Jawa Timur. Sementara mengenai sejarah rawon memang sejauh ini masih belum terang asal-usulnya. Tapi banyak yang berspekulasi bahwa makanan ini merupakan hidangan bagi raja-raja pada zaman dulu dan memang bermula dari makanan rakyat jelata.

Rawon sendiri kini menjelma menjadi makanan yang banyak disukai oleh masyarakat. Bahkan, sudah terkenal hingga mancanegara, di luar negeri rawon disebut sebagai black soup.

Biasanya makanan satu ini disantap dengan nasi hangat, bertemankan sambal. Ibarat jodoh, rawon tidak akan pernah lengkap tanpa adanya sambal, tauge, bawang goreng, dan kerupuk. Khusus di restauran berkapasitas 270 orang tersebut, selain disajikan jodoh rawon, telur asin turut disediakan sebagai teman.

Rasa kuah yang agak manis akan membuat sup hitam ini menjadi lauk yang lezat. Aromanya yang sangat khas terpancar karena bumbu khusus yang bersal dari keluak. Dan karena bahan itu pula, sup hitam tersebut menjadi gurih dan sedap.

”Proses memasaknya sendiri memerlukan waktu sekitar tiga jam rebusan. Keluak yang digunakan haruslah hitam. Kalau coklat kami tidak pake, karena pasti kuahnya nggak hitam nanti,” jelas Ghofur. Disebutkan, sebelum memasuki proses masak, iga sapi terlebih dahulu direbus selama 20 menit dengan tujuan menghilangkan lemak dan darah sapi.

Dalam memasak rawon, selain menggunakan keluak bumbu putih turut jadi campuran.  Bumbu putih sendiri berasal dari kemiri bawang putih-merah yang dihaluskan. Aroma penyedap didapat dari tambahan daun jeruk dan sere.

”Selama tiga jam direbus menggunakan api kecil. Karena titik didih air maksimal 1000 C dan tidak bisa lebih. Jadi cukup memanfaatkan api kecil, kalau besar, tekanan akan tinggi dari bawah, sehingga daging akan rontok,” paparnya. Api yang kecil juga membuat bumbu yang direbus lebih meresap ke daging.

Dengan sajian rawon yang berasal dari iga sapi, Ghofur meyakini makanan yang disajikan akan lebih mewah dan sehat, sebab kandungan kolestrol yang sedikit. Plus rasa bumbu keluar akan lebih terasa di lidah,. “Iga sapi yang digunakan merupakan daging impor dari Australia, sehingga lebih tebal dan enak,” pungkasnya.

Minuman Teman Nongkrong

Nutella Mochacinno menjadi salah satu menu minuman dari lima varian yang disediakan di Suasana Restaurant, Aston At Kuningan Suites, Jakarta. Minuman satu ini cocok menjadi teman nongkrong andan sekalian. Pas dilidah, selain itu tanpa melibatkan gula, membuatnya nyaman diminum dan tidak memunculkan kesan eneg.

“Bahan dasarnya, susu segar, kopi espresso, dan nutella. Ketikanya diblender sehingga teraduk rata dan siap disajikan,” ungkap Bartender Susana Restaurant Febry Setiawan kepada Indopos, Rabu (23/5).

Bila anda penikmat minuman segar yang khas dengan rasa asam, semeriwing bisa juga jadi pilihan. Berbahan dasar orange jus yang ditopang soda dan toping buah delima ini tentu sangat ideal dinikmati saat berbuka puasa. Pastinya saat diminum kesan segar dan asam jadi dominasi dari rasanya.

“Selain dua jenis minuman ini, kami juga ada losmen lemonade, dan beberapa minuman lain yang cukup digemari di Suasana Restaurant,” pungkasnya.(asp)


TOPIK BERITA TERKAIT: #indoposmakanmakan #kuliner 

Berita Terkait

IKLAN