Nasional

Dukcapil Tunggu Lampu Hijau Mendagri Musnahkan e-KTP Rusak

Redaktur: Redjo Prahananda
Dukcapil Tunggu Lampu Hijau Mendagri Musnahkan e-KTP Rusak - Nasional

foto : cr-1 / INDOPOS

INDOPOS.CO.ID - Dirjen Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri masih menunggu lampu hijau dari Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo sebelum memusnahkan e-KTP.

Sebab, e-KTP masih menjadi barang bukti KPK. Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Zudan Fakhrulloh menjelaskan, pemusnahan e-KTP harus seizin Mendagri.

"Terkait pemusnahan, kami menunggu perintah Mendagri," kata Zudan sewaktu sidak di Gudang Sumber Daya Manusia (SDM) Kemendagri di Bogor, Rabu, (30/5).

Kecemasan masyarakat data-data mereka bakal menjadi alat politik jelang Pilkada 2018 dan Pilpres 2019 mulai muncul setelah kejadian tumpahan ratusan e-KTP di jalan raya sekitar Bogor. Identitas dokumen kependudukan beralamat di Sumatera Selatan. Kemendagri kemudian meluruskan pro kontra di masyarakat, e-KTP tercecer di jalan itu sudah invalid atau rusak.

Pemusnahan ini sementara menjadi bahan diskusi Dirjen Dukcapil bersama Mendagri. Kemungkinan, pemusnahan sebelum Pilpres 2019 untuk mengantisipasi kemungkinan disalahgunakan oleh oknum tertentu dalam proses pemilu tahun depan.

Selain itu, KPK sedang memproses kasus e-KTP. "Kalau sewaktu-waktu KPK membutugkan sebagai barang bukti dalam persidangan, fisik e-KTP masih lengkap," kata Zudan melanjutkan.

Guna menghindari  oknum tidak bertanggungjawab menggunakan e-KTP untuk tujuan tertentu,  Dukcapil sudah melakukan pemotongan sisi atas fisik e-KTP. "Kami menggunting bagian dari e-KTP untuk menghindari penyalahgunaan oleh oknum tertentu," kata dia 

(cr-1)

Baca Juga


Berita Terkait

Headline / Dukcapil Pakai Layanan Digital untuk Keamanan Data Penduduk

Headline / Dukcapil Pakai Layanan Digital untuk Keamanan Data Penduduk

Headline / Tiga Persen Penduduk Belum Punya E-KTP

Nasional / Penjual KTP-el Online Anak eks Kadisdukcapil di Lampung

Nasional / Penjual KTP-el Online Anak eks Kadisdukcapil di Lampung


Baca Juga !.