Nasional

Mendes PDTT Dorong Kades Kerja Sama e-Commerce

Redaktur:
Mendes PDTT Dorong Kades Kerja Sama e-Commerce - Nasional

Menteri Desa, PDT, dan Transmigrasi Eko Sandjojo bersama Wakil Ketua MPR Muhaimin Iskandar, Plt. Bupati Cirebon Selly Andriany Gantina berdialog dengan para kepala desa dan warga di Balai Desa Gegesik Lor, Kecamatan Gegesik, Cirebon, Jawa Barat, Rabu (30/5). Foto: Wening/Kemendes PDTT

INDOPOS.CO.ID - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT), Eko Putro Sandjojo mendorong kepala desa (kades) kerja sama dengan e-commerce, sebagai target capaian digitalisasi energy baru di Asia Pasifik.

Eko mengatakan, program di pemerintahan Jokowi-JK ini mendorong desa dalam memasarkan hasil produksi dengan online. Program itu diistilahkan digitalisasi Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

“BUMDes mendapat bekal materi supaya memiliki pemahaman lebih untuk memasarkan hasil desa melalui e-commerce,” ujar Eko kepada INDOPOS, Rabu (30/5).

Kades  bakal memasuki dalam akademisi 4.0, karena memiliki poin penting menjadi figur untuk mendorong kegiatan ekonomi desa. Termasuk juga sejumlah perangkat desa diharapkan bisa mengikuti program dari akademi desa. Dengan tujuan, agar ke depan dapat bekerja sama atau berkolaborasi dengan Kemendagri.

“Program ini sudah dicanangkan. Jadi sekarang ini kami sedang sempurnakan modul melalui adviser kementrian. Kita juga membutuhkan masukan dari pihak luar, jadi ada quality control terhadap modul,” sebut dia.

Pasti, tindak lanjutnya tidak perlu waktu lama program ini akan direalisasikan. Tapi tetap kembali kepada proses pelaksanaan. Sedangkan,  target waktu sedang disusun, namun harapan kami tidak terlalu lama. “Kami optimistis kades bisa menjalankan tugas itu,” sebut Eko. (iwk)

 

Berita Terkait


Baca Juga !.