Rabu, 21 November 2018 07:08 WIB
pmk

Nasional

BPIP Minta Kemendikbud 'Hidupkan' Pelajaran Pancasila

Redaktur: Ali Rahman

Anggota Dewan Pengarah BPIP, Mahfud MD. Foto: Iwan Kurniawan/Indopos.

INDOPOS.CO.ID - Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) meminta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) 'menghidupkan' kembali pelajaran pancasila. Karena selama ini pelajaran itu sudah tidak ada.

Anggota Dewan Pengarah BPIP, Mahfud MD mengatakan, alasan tidak adanya pelajaran pancasila itu saat ini, karena isinya sudah dititipkan di beberapa mata pelajaran lainnya, seperti Sejaran dan Pendidikan Kewarganegaraan (PKn). Semua beberapa mata pelajaran itu sudah ada nilai-nilai pancasilanya.

"Di sini saya katakan,sesuatu yang benar itu akan hilang jika tidak dipelajari. Sementara sesuatu yang salah jika selalu dipropagandakan, akan kuat. Makanya BPIP mengharapkan itu dimunculkan kembali dalam kebijakan kurikulum," ujarnya kepada INDOPOS di Kantor BPIP, Kamis (31/5).

Selain itu, pihaknya juga sudah menemui Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenrisdikti) membahas rencana itu. Respon Kemenrisdikti sangat baik dengan mengatakan, hal itu juga akan dimasukkan di perguruan tinggi.

"Saat itu kami undang seluruh pihak kampus untuk berkumpul di Bogor. Kita bicarakan soal ini, tapi buka BPIP yang mendanai, melainkan sponsor. Tidak ada uang negara yang dikeluarkan pada kegiatan itu," katanya.

Disinggung mengenai sumber informasi awal beredarnya isu gaji BPIP lebih tinggi dari gaji Presiden, Mahfud menegaskan negara memiliki Undang-Undang (UU) Keterbukaan Publik. Jadi semua kebijakan itu sudah tertera di website masing-masing kementerian dan lembaga. Artinya, tidak ada yang disembunyi-sembunyikan.

"Itu bukan rahasia dan kita tidak merahasiakannya. Jika ada yang mengatakan ada oknum dari Istana yang tidak suka dengan Presiden Jokowi lalu membocorkan itu ke media. Saya tegaskan itu tidak, semua informasi itu diambil di website," bebernya. (iwk)


TOPIK BERITA TERKAIT: #gaji-pejabat-bpip #mahfud-md #badan-pembinaan-ideologi-pancasila #kemendikbud-ri #pelajaran-pancasila 

Berita Terkait

Mahfud MD: Masyarakat Jangan Sampai Golput

Politik

Mahfud Dibujuk Pindah Klub

Headline

Curhat Mahfud MD Bahayakan Jokowi

Headline

IKLAN