Selasa, 20 November 2018 01:07 WIB
pmk

Ekonomi

MNC Kapital Suntik Modal Anak Usaha Rp 220 Miliar

Redaktur: Wahyu Sakti Awan

BULATKAN TEKAD: Management MNC Group berfoto bersama. Foto: Jakfar Shadik/INDOPOS

INDOPOS.CO.ID - PT MNC Kapital Indonesia (BCAP) bakan menginjeksi modal anak usaha yaitu PT Bank MNC Internasional (BABP) atau MNC Bank sekitar Rp 220 miliar. Itu dilakukan untuk menggenjot bisnis MNC Bank. Maklum, tahun lalu, Bank milik Hary Tanoesoedibjo itu rugi tidak sedikit.

Manajemen mengklaim, dana Rp 220 miliar bersumber dari penerbitan saham baru (rights issue) atau Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD) MNC Bank. Di mana, 42 persen dari total rights issue diserap MNC Capital.

"Memperkuat kinerja anak usaha," tutur Direktur Utama MNC Kapital, Wito Mailoa, di Jakarta, Kamis (31/5).

MNC Bank sudah menerbitkan rights issue senilai Rp 489 milar pada 28 Mei lalu. Saham dilempar ke publik sebanyak 4,9 miliar lembar pada harga Rp 100.

Selain itu, MNC Kapital juga menggelontorkan dana sekitar Rp 20-30 miliar untuk anak usaha lain yaitu PT MNC Life dan PT MNC Insurance. Saat ini MNC Kapital mengapling 99,98 persen dari total seluruh saham pada kedua anak usaha  tersebut.

Seluruh pendanaan itu akan didapat perseroan melalui kas internal dan Penambahan Modal Tanpa Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (PMTHMETD) sejumlah 390,80 juta saham dengan nilai nominal Rp 100 per saham diterbitkan awal Juli mendatang.

"Kami sudah memutuskan mengesahkan rencana tersebut. Suntikan modal untuk pengembangan usaha," imbuhnya.

Menyusul injeksi modal itu, perusahaan berharap pertumbuhan pendapatan MNC Bank akhir tahun ini positif setelah tahun lalu tekor Rp 334 miliar. Tahun ini, perusahaan telah mengalokasikan biaya Cadangan Kerugian Penurunan Nilai (CKPN) sebesar Rp 880 miliar untuk menutupi kerugian Bank MNC. CKPN dilakukan untuk membersihkan buku-buku Bank MNC, sehingga sinergi dan integrasi sukses mendongkrak pendapatan.

Pada kuartal pertama 2018, MNC Bank meraup laba Rp 94,8 miliar. Angka itu naik 294 persen dibanding periode sama tahun lalu minus Rp 48,7 miliar. (far)


TOPIK BERITA TERKAIT: #mnc-group 

Berita Terkait

FIFGROUP Sabet Empat Penghargaan CSR

Indobisnis

MNC Group Hibahkan Lahan untuk BNN

Nasional

IKLAN