Sabtu, 23 Juni 2018 02:55 WIB
bjb idul fitri

Nasional

Densus 88 Amankan Bom untuk DPRD Riau dan DPR RI

Redaktur: Redjo Prahananda

Ilustrasi. Foto: DOK. INDOPOS

INDOPOS.CO.ID - Detasemen Khusus (Densus) 88 mengamankan empat bom rakitan siap ledak, Sabtu (2/6). Menurut rencana, bom itu ingin diledakkan di Gedung DPR RI dan DPRD Riau.

Empat bom itu diamankan Densus 88 dari Gedung Gelanggang Mahasiswa Fisipol Universitas Riau (Unri). Selain mengamankan barang bukti berupa bom, Polisi menangkap satu pelaku berinisial K.

BACA JUGA : Viral! Install Aplikasi Lazada sekarang dapat Diskon Hingga 80% dan Gratis Ongkir Selama Ramadhan

Bom ini milik tiga terduga teroris sekaligus alumni Unri. Polisi menangkap terduga teroris berinisial Z (33) D (34)dan K (32). Polisi menangkap mereka di tiga tempat berbeda. 

Kapolda Riau, Irjen Pol Nandang menyebutkan, Zalumni Pariwisata Fisipol Unri  2003, D alumni Administrasi Negara Fisipol Unri tahun 2001, dan K alumni Ilmu Komunikasi Fisipol Unri tahun 2013.

“Empat bom  itu sekarang sudah berhasil kamu jinakkan. Kamu menemukan serbuk-serbuk bahan peledak dari lokasi pengeledahan,” kata Nandang Minggu (3/6).

Nandang mengungkapkan, bom itu dirakit oleh Z di Kampus Unri tersebut. Terduga teroris ini mengaku belajar merakit bom dari media sosial, Instagram. Adapun aktivitas itu dilakukan sudah sebulan, selama itulah Z menumpang tidur di gedung tersebut.

Dari lokasi penggeledahan juga berhasil diamankan dua busur panah dan delapan anak panah. Termasuk sepucuk senapan angin. "Kami bekerja sama dengan Densus 88," kata Nandang.

Sementara, dari hasil pengecekan, daya ledak bom rakitan itu cukup kuat, sama dengan yang di Surabaya beberapa waktu lalu, karena bahan bakunya sama. 

Namun, Nandang belum bisa memastikan kapan bom tersebut mau di ledakkan oleh pelaku dan dari mana bahan bakunya didapatkan."Sekarang masih dalam penyidikan, tunggu hasil dulu perkembangan.” (iwk)


TOPIK BERITA TERKAIT: #densus-88 #terorisme 

Berita Terkait

IKLAN